Sukses

Lifestyle

11 Cara Mengasah Kreativitas Menggunakan Post It, Seru dan Menyenangkan

Fimela.com, Jakarta Menurunnya kreativitas adalah sesuatu yang lumrah terjadi, baik itu di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadi. Namun, sama halnya seperti meningkatkan kebugaran dengan berolahraga, sahabat Fimela juga bisa mengasah kreativitas sendiri dengan cara sederhana.

Untuk merayakan Hari Seniman Internasional yang jatuh pada tanggal 25 Oktober ini, ada tiga cara yang dapat Anda tiru dari para seniman dan untuk melatih otot-otot kreatifivtas mu:

Pertama, rapikan berbagai barang yang ada di sekeliling untuk membuat pikiran lebih jernih, karena salah satu cara meningkatkan kreativitas adalah dengan mengatur ruangan.

Untuk mengatur ruangan, bisa memulainya dengan menggunakan Post-it® Flags dan Post-it® Super Sticky Notes untuk memberi label dan mengatur barang-barang. Saat ruangan sudah bersih, pikiran Anda pun akan menjadi lebih jernih.

Selanjutnya, keluarkan ide-idemu! Bahkan hanya dengan coret-coretan sederhana, dapat mengaktifkan bagian kreatif dari otak dan dapat mengasah ingatan, yang mana akan sangat berguna untuk membantu menemukan ide.

Apakah pernah merasa kesulitan dalam melakukan brainstorming secara efektif? Coba atur batas waktu untuk sesi brainstroming. Karena dengan adanya keterbatasan waktu akan memaksa kita mencari dan mengumpulkan berbagai informasi dengan cara berbeda untuk menghasilkan ide-ide baru dan kreatif, sehingga akan meningkatkan produktivitas sesi brainstorming tersebut.

Luangkan waktu selama 10 menit untuk menulis catatan sebanyak mungkin mengenai proses dari membuat sebuah proyek. Jika menemukan cara yang menurut Anda sesuai dengan keinginan, luangkan lagi waktu selama 10 menit untuk membuatnya, dan ulangi terus sampai merasa puas dengan hasilnya.

Adanya alat bantu dalam melakukan brainstorming dapat membantu memecahkan berbagai tantangan. Misalnya, menggunakan aplikasi Post-it® yang dapat di diunduh secara gratis sebagai platform menulis dan berbagi catatan dengan tim.

Melalui fitur Brainstorm Session pada aplikasi ini, dapat bertukar pikiran tentang ide, membuat catatan, dan mengaturnya di shared board secara real-time. Ide-ide ini kemudian dapat diekspor ke berbagai format untuk disortir dan disempurnakan.

Penting halnya untuk membebaskan kreativitas Anda di luar waktu kerja atau belajar. Karena untuk menjadi kreatif, Anda tidak membutuhkan mahakarya atau karya seni yang rumit

Misalnya, bisa mulai dengan membuat penanda halaman buku atau bookmark sederhana berbentuk hewan rubah dengan menerapkan seni origami ini:

1. Ambilah selembar Post-it® Notes.

2. Dengan sisi perekat menghadap Anda, lipat dari sisi yang tidak ada perekat ke bawah sekitar 1/3 bagian.

3. Lipat kembali menjadi dua

4. Lalu buka lipatannya.

5. Dengan menggunakan garis yang tidak dilipat sebagai panduan, lipatlah secara diagonal mengikuti garis tengah vertikal di sisi kanan.

6. Ulangi langkah yang sama pada sisi kiri.

7. Kemudian balikkan Post-it® Notes dan lipat tepi kanan ke garis tengah vertikal untuk membuat titik.

8. Lalu lipat tepi kiri ke garis tengah vertikal untuk membuat titik di sisi lainnya.

9. Balik posisi Post-it® Notes-nya.

10. Gunakan pena, dan gambarlah detail wajah seekor rubah

11. Dan bookmark berbentuk rubah hasil buatan tangan Anda pun sudah selesai

Masih membutuhkan ide lainnya? Cobalah buat dekorasi dengan Post-it® Notes

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading