Sukses

Lifestyle

Yuk Belajar Menjadi Konten Kreator Agar Bisa Menghasilkan Cuan

Fimela.com, Jakarta Perkembangan dunia digital memudahkan setiap orang untuk mendapatkan cuan, salah satunya dengan menjadi konten Kreator di media sosial. Penghasilannya pun bisa didapatkan dari tawaran kolaborasi dengan sebuah merek atau endorsement, dan insentif yang diberikan oleh aplikasi yang media kontenmu.

Memang bukan hal yang mudah menjadi konten kreator, The Food Ranger (konten kreator asal Malaysia) pun memberikan tips and trik bagaimana mana memulai membuat sebuah konten.

Pertama tanamkan dalam pikiran jika tidak akan kata terlambat untuk memulai, lalu jika ingin melakukan jangka panjang harus serius dan temukan ciri khas diri sendiri. Jika ada perasaan malu, bisa hanya menggunakan suara kita.

“Ada banyak cara agar konten kita lebih kreatif, jika malu wajah masuk frame bisa menggunakan suara saja. Video saya pun banyak yang hanya menggunakan suara saja tanpa saya masuk frame,” ujarnya dalam konfersi pers bersama Facebook.

Ia juga mengatakan, banyak belajar karena dari video  atau konten pertama akan berkembang terus menerus kedepannya jika kita konsisten. Nazneen Judge (konten kreator asal Indonesia) juga menyampaikan perlunnya membuat konten dengan ciri khas dan passion diri sendiri.

“Cari tahu kelebihan kita apa, kalau ada produk disesuaikan jangan serakah,” ujarnya. 

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai konten kreator, dalam rangka “Hari Kreator” pada Kamis, 28 Oktober 2021, Facebook dan Instagram menghadirkan  acara virtual yang mengumpulkan ratusan kreator dan penerbit dari Indonesia dan Malaysia untuk saling berbagi kisah, pengalaman, dan pengetahuan. 

Hari Kreator akan membantu para kreator di dua negara ini mengasah keterampilan, meningkatkan jumlah audiens, serta menciptakan dampak ekonomi yang positif untuk komunitas.

“Para kreator ini telah membangun komunitas-komunitas yang sangat kuat di Facebook dan Instagram, dan kami ingin memberikan kemudahan bagi mereka untuk meningkatkan jumlah audiens serta mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan platform kami,” kata Revie Sylviana, Entertainment Partnership Director, Indonesia & Malaysia, Facebook. 

Perdana di Asia Tenggara

Dipandu oleh aktris serta pembawa acara televisi Indonesia, Sarah Sechan, dan DJ radio dari Malaysia, Haniff Hamzah, acara perdana di Asia Tenggara ini akan menyajikan penampilan dan sesi diskusi bersama nama-nama besar yang sudah tidak asing bagi para kreator, seperti Eva Chen, VP Fashion Partnerships untuk Instagram, yang akan berbincang bersama dua kreator ternama dari Malaysia dan Indonesia, Amelia Henderson dan Daniel Mananta. 

Kreator lainnya yang akan berpartisipasi diantaranya adalah Project Nightfall, Anaz Siantar, The Food Ranger, Hobby Makan, dan Haniff Hamzah, yang akan berbagi tips dan pengalaman tentang bagaimana kreator dapat meningkatkan monetisasi, tips membuat konten yang otentik dan inspiratif, masa depan konten video dan cara untuk terus memelihara interaksi yang kuat dengan penggemar.

“Kami meluncurkan acara ini di Indonesia dan Malaysia karena kami melihat bahwa para kreator di kedua negara ini adalah kreator yang paling kreatif dan menarik di kawasan Asia Tenggara, dan terus mendapatkan momentum yang luar biasa, baik di tingkat regional maupun global,” Revie menambahkan.

Acara ini akan memberikan kesempatan kepada para kreator dan penerbit dari Indonesia dan Malaysia untuk saling berbagi pengalaman, kisah inspiratif, serta belajar dari satu sama lain. Dukungan kepada komunitas kreator akan mendorong lebih banyak keberagaman di platform Facebook dan Instagram.

Facebook berinvestasi untuk masa depan kreator - baik kreator baru maupun yang lebih mapan - dengan membangun sarana dan produk monetisasi yang akan membantu mereka mendapatkan penghasilan dan menjangkau audiens baru. 

Saat ini, ada berbagai sarana dan produk monetisasi yang tersedia untuk digunakan oleh para kreator, termasuk: In-stream ads, Brands Collab Manager, Fan Subscriptions, Stars, dan Paid Online Events. Kreator juga dapat membangun interaksi melalui Facebook Group, Lives, Reel, dan Stories, serta fitur yang baru saja diluncurkan, Live Audio Rooms.

Untuk membantu para kreator berkembang di Facebook dan Instagram, akan ada bincang dengan praktisi media sosial dan kreator Thariq Halilintar dari Gen Halilintar - keluarga kreator konten dari Indonesia. Dipandu oleh Dan Neary, Vice President Asia Pacific, Facebook, program bertajuk "Ideas That Matter" ini membahas topik-topik seputar bagaimana Facebook mendukung ekonomi kreator di Asia Pasifik, tips terbaik dari para pembicara tentang membuat konten yang menarik, cara berkolaborasi dengan merek, dan berkolaborasi bersama audiens untuk membuat konten yang lebih menarik dan mereka sukai. Episode ini akan ditayangkan di Facebook for Business, 3 November 2021, pukul 12:00 WIB.

“Di Facebook, kami berkomitmen untuk mendukung para kreator - baik yang baru memulai ataupun yang sudah mapan - saat mereka mengubah passion menjadi sumber penghasilan, kami melihat para kreator ini sebagai generasi baru bisnis kecil," tambah Revie.

Kreator memiliki kesempatan untuk terhubung dengan audiens global di seluruh aplikasi Facebook, memberi mereka ruang untuk mengembangkan cakupan merek mereka dan menemukan sumber pendapatan yang baru.

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Jadi Modus Penipuan Terbaru, Pahami Risiko Berbagi Data Pribadi Lewat Fitur Add Yours Instagram
Artikel Selanjutnya
Penggunaan Fitur Add Yours di Instagram Jadi Celah Penipuan dan Kekerasan Berbasis Gender