Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatasi Overthinking agar Lebih Menikmati Hidup

Fimela.com, Jakarta Overthinking atau terlalu banyak pikiran kerap membuat kita jadi terhambat melakukan sesuatu. Kita akan selalu memikirkan skenario terburuk dalam apa pun yang kita lakukan. Sehingga kita jadi takut membuat perubahan karena takut salah atau takut dinilai buruk orang lain. Jadi, kebiasaan overthinking seperti ini sebaiknya dijauhi.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi overthinking agar kamu bisa menikmati hidupmu.

1. Berbicara positif pada diri sendiri

Orang yang overthinking biasanya karena terlalu banyak mengeluh dan merasa bahwa dirinya tidak sebaik yang dipikirkan. Cobalah untuk mengubah pola pikirmu ke arah yang lebih positif. Bicarakan hal yang baik pada dirimu sendiri, katakan bahwa kamu mampu dan kamu bisa, maka dengan sendirinya kamu juga akan menjadi apa yang kamu katakan.

2. Jangan mengasihani dirimu sendiri

Mengasihani diri sendiri hanya akan membuatmu jadi rendah diri. Kamu juga akan mentoleransi kegagalan yang kamu alami, dengan alasan bahwa kemampuanmu hanya sampai di situ saja. Jadi, berhentilahm mengasihani diri sendiri agar kamu jadi orang yang lebih optimis.

3. Jangan terlalu perfeksionis

Sifat perfeksionis memang bagus, tapi jika terlalu berlebihan kamu akan itu justru bisa membuatmu jadi lamban dan susah berkembang. Kamu jadi takut salah, takut dikritik orang lain, takut tak bisa ini dan itu hanya gara-gara kamu ingin semuanya harus sempurna. Padahal, tidak apa-apa, lho, untuk membuat kesalahan. Bahkan dari kesalahan yang kita lakukan itu akan membantu kita jadi orang yang lebih baik.

4. Atasi rasa takutmu

Rasa takut bisa menghambat keberhasilmu, kamu akan sulit membuat perubahan dalam hidupmu jika terus menerus memikirkan rasa takut. Cobalah untuk keluar dari zona nyaman dan lakukan sesuatu yang berbeda agar kamu terbiasa menantang ketakutanmu sendiri.

5. Berpikiran terbuka

Memiliki pikiran yang terbuka akan membantumu untuk menemukan solusi dari setiap permasalahanmu. Dengan pikiran yang terbuka, kamu akan terbiasa melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda. Sehingga kamu akan jadi pribadi yang lebih obyektif.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan overthinking. Sehingga kamu jadi lebih menikmati hidupmu sendiri.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading