Sukses

Lifestyle

Rangkaian Kegiatan Menarik Muslim Friendly Korea Festival Secara Online

Fimela.com, Jakarta Korean Tourism Organization (KTO), kembali menggelar Muslim Friendly Korea Online Festival (MFKF) secara daring selama tiga hari (29-31 Oktober 2021).

Gelaran tahunan ini sebagai salah satu bentuk kampanye Muslim Friendly Korea dari KTO Indonesia yang terus berusaha untuk melakukan perbaikan dan pengembangan fasilitas-fasilitas ramah muslim supaya wisatawan muslim bisa berwisata dengan nyaman di Korea Selatan.

Setelah tahun lalu MFKF berhasil menarik perhatian ribuan masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi secara online. Tahun ini pun  MFKF menargetkan jumlah pengunjung yang lebih banyak lagi. Mengangkat tema “Sebelum Ke Sana, Kita Ketemu di Sini”, KTO ingin masyarakat dapat mengetahui informasi penting dalam mempersiapkan perjalanan mereka ke Korea setelah pandemi mereda. 

Meski bukan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Korea Selatan termasuk negara yang aman dan nyaman untuk dikunjungi oleh wisatawan muslim. Restoran bersertifikat halal dan ramah muslim sudah banyak bermunculan di kota-kota besar dan mudah ditemukan.

Selain itu, fasilitas ibadah seperti masjid dan mushola pun dapat ditemui di tujuan wisata, contohnya adalah musala di pusat perbelanjaan COEX Mall, Gangnam. Upaya dan keseriusan Pemerintah Korea dalam mengembangkan wisata ramah Muslim ini kian meningkatkan reputasi Korea sebagai tujuan wisata ramah Muslim.

Menurut laporan "2019 GMTI" (Global Muslim Travel Index), Korea telah menduduki peringkat ke-8 di antara tujuan-tujuan wisata di luar negara OKI (Organisasi Kerja Sama Islam). Pencapaian tersebut terwujud sejalan dengan jumlah kunjungan wisatawan Muslim ke Korea yang diperkirakan menembus 1 juta untuk pertama kalinya pada 2019 lalu.  

Adapun Muslim Friendly Korea Festival secara virtual ini akan menyajikan pilihan menu mulai dari budaya, fashion, makanan, destinasi antimainstream, hallyu dan wellness, tentunya yang ramah bagi wisatawan muslim. Gelaran MFKF ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini KTO merancang platform khusus pendekatan interaktif.

Platform ini akan memberikan akses kepada pengunjung untuk dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan seperti webinar, quiz dan games.Selama tiga hari MFKF membagi acara menjadi tiga Zona, yakni Zona Perkenalan, Zona Jalan-Jalan dan Zona Nyaman.

Di tiap zona, pengunjung dapat bergabung di talkshow informatif, membaca berbagai artikel tentang Korea, bermain games berhadiah menarik, sampai mencari tahu deretan kuliner ramah Muslim. Pengisi acara untuk talkshow di antaranya ada Mutiara Adiguna, Furry Citra, Alika Islamadina, Han Yoo Raa, Sasyachi, dan Tiffani Affifa.

Adapun rincian dari setiap zona adalah sebagai berikut

Zona Perkenalan 

Jumat 29 Oktober 2021Pada zona ini, pengunjung akan mendapatkan sesi webinar dengan influencer untuk mengenal Korea lebih dekat, melalui materi budaya serta pembelajaran mengenai bahasa Korea. Selain itu di zona ini, pengunjung pun akan mendapatkan tips-tips menarik untuk berbusana di Korea sesuai dengan musimnya.

Zona Jalan-Jalan

Sabtu 30 Oktober 2021Pada zona ini, pengunjung akan mendapatkan lebih banyak informasi seputar destinasi wisata Korea yang antimainstream serta muslim friendly. Di zona ini, pengunjung juga bisa mendapatkan informasi seputar restoran-restoran ramah Muslim yang ada di Korea.

Zona Nyaman

Minggu 31 Oktober 2021Pada zona ini akan dibahas tuntas mengenai wellness travelling, dimana KTO akan membagikan informasi destinasi-destinasi wisata yang bagus untuk relaksasi di Korea. Dan bagi pecinta Kpop dan Kdrama, Zona ini pun memberikan informasi seputar Hallyu serta destinasi berdasarkan MV Kpop dan Kdrama kesukaan.

“Kampanye Muslim Friendly Korea di Indonesia sangat signifikan karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Secara otomatis, hal itu membuat Indonesia menjadi target pasar wisata muslim terbesar bagi Korea.” Yang juga menambahkan “Kami berharap masyarakat Indonesia tetap ingat Korea sebagai destinasi pariwisata yang ramah bagi wisatawan muslim sehingga Korea bisa dijadikan tujuan pertama bagi wisatawan Indonesia untuk liburan setelah pariwisata internasional kembali membaik,” ujar Direktur KTO Jakarta, Yang Su Bae.  

Muslim Friendly Festival terbuka untuk umum, pengunjung cukup mengakses www.KTOMFKF2021.com untuk berpartisipasi dalam gelaran Muslim Friendly Korea Festival tahun ini. Selain mendapatkan informasi di zona-zona di atas, pengunjung bisa membaca artikel tentang Korea serta bermain games untuk mendapatkan hadiah menarik dari KTO.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading