Sukses

Lifestyle

Lakukan 4 Cara Ini untuk Memulai Gaya Hidup Sehat dengan Iringan Musik

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang merasa jenuh dengan rutinitasnya sehari-hari, sehingga menyempatkan waktu untuk me-time dengan caranya sendiri, yakni dengan melakukan meditasi, yoga, jalan santai, ataupun sekadar beristirahat dan melepaskan diri dari kekhawatiran di satu hari tertentu. 

Dari aktivitas-aktivitas tersebut, dapat disimpulkan bahwa banyak orang yang sekarang lebih aware dan memulai gaya hidup sehat agar kesehatan fisik maupun mentalnya terjaga. Dalam hal ini, Spotify akhirnya memperbarui hub Wellness-nya untuk mendukung kebiasaan hidup sehat yang ingin dimulai oleh setiap orang. 

Hal ini dibuat oleh Spotify lantaran sejalan dengan hasil survei Spotify bersama YouGov yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% Generasi Z dan Milenial di Indonesia menganggap konten audio sangat membantu mereka untuk bersantai dan mendorong mereka untuk hidup lebih tenang dan sehat

Oleh karena itu, Spotify akhirnya berkolaborasi dengan pakar di bidang wellness Vanessa Budihardja Barus, untuk membagikan beberapa saran tentang bagaimana memulai kebiasaan dan gaya hidup yang lebih sehat dengan iringan musik dan konten audio yang dapat membantu melepaskan penat. 

Terdapat 4 cara mudah yang direkomendasikan oleh Vanessa bagi kamu yang ingin memulai hidup sehat. Berikut penjelasan selengkapnya. 

1. Pasang Audio yang Menenangkan

Vanessa mengungkapkan, untuk bisa memulai hari dengan perasaan bahagia, kamu hanya butuh waktu kurang lebih lima menit di pagi hari untuk sekadar bermeditasi sebentar. 

Dengan melakukan meditasi, kamu bisa menyelaraskan pikiranmu sebelum memulai hari. 

“Pasang suara-suara yang menenangkan, seperti suara alam, suara latar, atau musik instrumental untuk membantumu tetap rileks namun tetap fokus saat bermeditasi,” ujar Vanessa, dikutip dari keterangan pers, Sabtu (30/10). 

Ia juga menegaskan, dalam bermeditasi, siapkan tempat yang nyaman untuk menjernihkan pikiran agar merasa lebih tenteram dengan lingkungan sekitar.

2. Berolahraga

Cara yang kedua adalah berolahraga. Tak hanya olahraga dengan intensitas tinggi dengan gerakan-gerakan yang memompa jantung dan melelahkan, kamu juga bisa melakukan olahraga dengan intensitas rendah, yakni dengan berjalan kaki selama 10 menit sudah akan membantumu menyegarkan pikiran. 

“Jangan pernah meremehkan manfaat dari jalan santai di pagi hari atau lari sore. Buatlah playlist yang berisi lagu-lagu favoritmu sebelum turun ke jalan. Nikmati waktu itu, dan selami pengalamannya,” jelas Vanessa. 

Kamu bisa menarik inspirasi dari pemandangan dan suara-suara di sekitarmu atau bahkan dari playlist yang kamu buat untuk menemani waktu olahragamu. 

3. Tulis Jurnal Harian

Ada kekuatan ari menuangkan apa yang ada di pikiranmu ke dalam tulisan. Dengan menulis jurnal harian yang berisi catatan tentang emosi, pikiran, dan tujuanmu setiap harinya dapat membantumu lebih berkembang dalam memahami emosi dan pikiranmu. 

Hal ini penting untuk dilakukan untuk merefleksi dirimu sendiri dan membuat dirimu bisa lebih tenang secara mental dan batin dibandingkan menyimpan semua keresahanmu sendirian. 

Menurut Vanessa, menulis dapat menghapus penghalang di kepala kita serta mengizinkan kita untuk menggunakan seluruh kekuatan pikiran kita. Dengan demikian, kamu dapat memahami diri sendiri maupun lingkungan sekitar. 

“Dengan mendengarkan audio saat menulis jurnal sangat membantu dalam membuatmu merasa nyaman dan lebih memfokuskan pikiranmu,” tambahnya.

4. Melakukan Sesuatu yang Kamu Suka

Yang terakhir adalah melakukan hal-hal yang kamu suka. Mungkin kamu bisa mengekplor banyak hal ketika waktumu senggang untuk mencoba hal baru. 

Kamu juga bisa melakukan hal yang membuat dirimu senang, seperti membaca, menyanyi, memasak, ataupun hal-hal lainnya sambil mendengarkan playlist yang menenangkan diri agar dirimu menikmati momennya. 

Untuk menemani aktivitas-aktivitas tersebut, Vanessa telah menyiapkan playlist yang telah ia kurasi secara khusus untuk para pendengar Spotify Indonesia yang berjudul “Everything I Need, I Already Have”

Playlist ini menghadirkan rangkaian musik yang menghangatkan hati dan cakupan suara yang eklektik. Konten audio yang ada di playlist tersebut mampu menenangkan jiwa serta membantu menjaga kesehatan batin dan raga. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading