Sukses

Lifestyle

Wajib Dipelajari! Ini 3 Kemampuan Komunikasi yang Membantumu Berkomunikasi dengan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Semakin dewasa atau bertambahnya umur, semaki sadar juga bahwa komunikasi adalah hal atau kemampuan yang penting untuk dipelajari setiap orang. Kemampuan komunikasi ini selalu digunakan di berbagai situasi dari kehidupan sehari-hari maupun formal. Sudah sebuah keharusan untuk setiap orang mempelajari komunikasi lebih dalam lagi. Nah, ada 3 kemampuan komunikasi yang bisa bantu kamu untuk berkomunikasi denga lawan bicara atau orang lain! Simak infonya dibawah ini.

1. Kemampuan Mendengarkan

Mendengarkan yang dimaksud adalah benar-benar fokus dan hadir 100% buat lawan bicaramu. Caranya bisa dengan berbagai macam. Salah satu caranya yaitu menahan diri agar tidak memotong omongan orang yang lagi berbicara. Selain itu, kamu bisa juga melakukan dengan cara kamu bisa mengulang lagi apa yang telah diucapkan untuk mengkonfirmasi. Hal tersebut bisa membuat lawan bicaramu jadi mengetahui bahwa kamu mendengarkan apa yang ia bicarakan. Kemampuan mendengar itu bisa membuat kamu menjadi lebih paham dengan apa yang diucapkan orang. Serta lebih peka untuk bisa memahami perasaan orang lain.

2. Komunikasi non-verbal

Komunikasi non-verbal atau komunikasi dengan bahasa tubuh. Arti yang dimaksud dari komunikasi dengan bahasa tubuh seperti nada bicara, postur tubuh, kontak mata, atau ekspresi. Kalau kamu lagi ngobrol pasti ada sesuatu hal yang kamu gabisa sampaikan secara lisan. Maka dari itu, komunikasi non-verbal ini dipakai untuk memperjelas maksud dari pesan yang mau disampaikan. Hal itu juga bisa menghindari mu dari adanya miss komunikasi.

3. Mengontrol emosi

Akan ada masa dimana kamu atau lawan bicaramu lagi merasakan emosi yang buruk jadi susah untuk berkomunikasi. Nah, biar kamu bisa berkomunikasi dengan baik, pengelolaan emosi jadi salah satu hal penting dalam komunikasi. Biar dari yang sebelumnya sedang menggebu-gebu bisa balik lagi menjadi kepala dingin. Caranya kamu bisa atur nafasmu pelan-pelan dan jika ada waktu lebih kamu bisa putar lagu yang kalem, melakukan meditasi atau hanya sekedar mengerjakan kegiatan yang bikin kamu tenang. Jadi, waktu kamu merasa siap untuk ngobrol pikiranmu sudah lebih tenang dan pikiranmu akan berjalan dengan lancar.

Itu dia 3 kemampuan komunikasi yang harus bisa kamu kuasain nih sahabat fimela! Dijamin bisa membantumu untuk berkomunikasi dengan orang lain atau lawan bicaramu.

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading