Sukses

Lifestyle

Bicara dan Diskusi Keuangan di Twitter Jadi Tren di Kalangan Masyarakat Indonesia

Fimela.com, Jakarta Twitter dikenal sebagai salah satu platform media sosial yang jadi tempat untuk mendiskusikan banyak hal. Tahukah kamu bahwa salah satu tren populer yang jadi bahan pembicaraan dan diskusi kebanyakan masyarakat Indonesia adalah terkait keuangan?

Ya, berdasarkan laporan dari Twitter Trends, pengguna Twitter di Indonesia termasuk financial-savvy dan affluent dalam hal keuangan dan bisnis. Hal ini terlihat dari percakapan terkait keuangan dan bisnis di Twitter yang meningkat hingga 133% dari tahun ke tahun, terutama di masa pandemi.

Twitter Trends menganalisa Tweet selama 3 tahun terakhir, yaitu mulai dari bulan Juli 2018 hingga Juni 2021 ini. Analisa ini menunjukkan adanya peningkatan volume percakapan tentang keuangan dari tahun ke tahun, menyebutkan bahwa pembicaraan terkait keuangan meningkat sebesar 38% di Twitter.

Topiknya bisa dari beragam spektrum, mulai dari pembahasan tentang menabung, produk investasi, hingga insight tentang dompet digital. Berikut ini adalah beberapa insight dari Twitter terkait percakapan mengenai keuangan dan bisnis, yang sekiranya bisa membantumu.

 

 

1. Teknologi dan keuangan yang semakin populer

Bicara tentang investasi, Twitter adalah tempat bagi mereka yang suka membicarakan tentang keuangan, baik keuangan pribadi, sebagai hobi, atau diskusi antar profesional. Ini sejalan dengan meningkatnya percakapan tentang keuangan dan teknologi, sebesar lebih dari 257%, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

2. Pengguna Twitter lebih sadar akan masa depan dan pengelolaan keuangan mereka

Sebanyak 50,4% pengguna Twitter tertarik dengan investasi dan 72,6% sudah memiliki tabungan atau uang tunai atau dana pensiun sebagai investasi mereka. Ini menunjukkan bahwa pengguna Twitter memiliki presentase lebih besar dalam menggunakan platform digital seperti perbankan online sebanyak lebih dari 39% dan pembayaran virtual sebanyak lebih dari 27% selama pandemi, dibandingkan mereka yang bukan pengguna Twitter.

3. Relevan dengan menjadi bagian dari percakapan

Audiens keuangan di Twitter memiliki minat yang beragam, dari teknologi sebanyak 82,6% dan musik sebanyak 80%, hingga film sebanyak 77,1% dan gawai sebanyak 75,8%. Ini merupakan kesempatan untuk membangun relevansi dan menjaga posisi sebagai top of mind dengan menjadi bagian dari topik-topik yang diminati.

4. Memanfaatkan percakapan tentang keuangan dan bisnis di Twitter

Ada 47% pengguna Twitter menemukan produk-produk baru berdasarkan percakapan yang terjadi di Twitter. Dengan percakapan real time tentang topik keuangan di Twitter, kamu bisa selalu mengikuti tren industri keuangan terkini.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading