Sukses

Lifestyle

5 Rekomendasi Buku Literasi yang Wajib Kamu Baca

Fimela.com, Jakarta Ternyata ada hari literasi dunia lho, 8 September ditetapkan menjadi hari literasi dunia menurut UNESCO. Tentunya hal ini memiliki tujuan bahwa setiap orang mendapatkan kesadaran akan pentingnya melek huruf.

Umunya setiap orang akan berfikir bahwa literasi berhubungan dengan buku saja, namun sebenarnya hal ini memiliki makna yang sangat luas. Menurut KBBI literasi adalah kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Mudahnya literasi tak hanya membaca dan menulis, namun berbicara, menghitung, mendengarkan, dan memecahkan masalah.

Buku sendiri merupakan salah satu benda yang tak lepas dari istilah “literasi” sebagai jendela pengetahuan, buku tentu selalu memberikan informasi yang luas. Nah berikut beberapa rekomendasi buku literasi untuk kamu yang wajib dibaca :

1. Atomic Habits

Semua orang tentu ingin mencapai tujuan dan kesuksesan. Namun jika diberikan arti kesuksesan mereka akan memberi saran mengenai bekerja keras dan melakukan perubahan. Hal ini memang benar dan tidak salah.

Namun dalam buku “Atomic Habits” karya James Clear mengatakan bahwa menuju kesuksesan tidak perlu usaha yang besar untuk mendapatkan suatu perubahan. Yang kita butuhkan adalah melakukan atomic habits atau kebiasaan-kebiasaan kecil. Selain itu dalam buku James C memberikan tips mengenai kelengkapan dasar ilmu sains dan contoh yang relevan.

2. Self Acceptance

Buku ini berisikan sebuah motivasi yang dikemas dalam kutipan-kutipan dan ilustrasi cantik. Selain itu buku ini ditujukan untuk remaja yang sedang mencari jati diri.

Saat remaja kita akan merasa tidak nyaman dengan diri kita sendiri, bisa jadi memiliki rasa insecurity atau tidak memiliki hak istimewa seperti temannya. Namun kamu jangan khawatir bahwa buku ini memberikan pelajaran untuk kita setiap orang memiliki keistimewaan masing-masing.

3. Good Night Stories For Rebel Girl

Selanjutnya buku ini tentang perempuan-perempuan luar biasa yang dapat mengubah wajah dunia. Uniknya buku ini ditujukan sebagai pengantar tidur anak-anak.

Walaupun memiliki kisah yang berbeda dari dongeng tidur lainnya buku ini mengisahkan perempuan yang tangguh dan mengubah wajah dunia. Seperti menceritakan tentang ratu-ratu bajak laut, pelukis, atlet olahraga, ballerina, hingga penulis.

Kisah inspiratif dalam novel ini tentu banyak menuai pujian, selain itu dapat memotivasi sang anak untuk memiliki mimpi sedari dini. Selain itu penulis berharap novel ini dapat menjadi semangat perempuan untuk berkarya.

4. The Things You Can See Only When You Slow Down

Dalam hidup pasti kita akan selalu merasakan perlombaan dengan orang lain. Entah berlomba mencari kehidupan yang lebih baik, lebih sukses, dan lainnya. Dan pernahkan kamu merasa tertinggal dari teman sebayamu?

Atau kamu selalu merasa lelah karena dunia berjalan begitu cepat dan membuat kamu sibuk? Tenang buku ini sangat cocok untuk kamu yang jarang menikmati quality time. Karena hampir setiap hari kita dituntut untuk bergerak cepat, fisik maupun otak.

Tentunya hal inilah yang membuat kita stress, pusin, dan lelah. Buku ini mengajarkan makna hidup dan cara menikmati hidup agar menjadi lebih terasa dan bermakna.

5. Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa

Nah yang terakhir adalah karya Alvin Syahrin. Jika kamu salah satu orang yang selalu mengkhawatirkan mengenai masa depan, sulit mencapai tujuan, dan merasa bukan apa-apa daripada yang lain.

Buku ini solusinya karena berisi cerita tentang masalah kehidupan yang relevan dengan masa sekarang. Tentunya buku ini mengajak kita bangkit dan semangat walau tak menjadi apa-apa. Maksudnya tidak menjadi apa yang kita inginkan atau tuju.

Itulah beberapa rekomendasi buku literasi yang wajib kamu baca. Buku itu tentunya dapat membantu kamu untuk memberikan arti bahwa setiap permasalahan selalu ada solusinya dan setiap orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading