Sukses

Lifestyle

Jangan Diumbar, Ini 5 Cara Mengatasi Sifat Pemalu

Fimela.com, Jakarta Sifat pemalu terkadang membuat kita jadi terhambat dalam beraktivitas. Kita jadi sulit untuk berbicara dengan orang lain, sulit menemukan teman bahkan sulit mengutarakan apa yang kita ingin katakan pada orang lain. Tetapi ingat, sifat pemalu bukanlah kekurangan yang harus kamu jadikan sebagai beban, karena pada dasarnya semua orang itu unik dan punya kelebihan.

Untuk mengatasi sifat pemalu yang kamu miliki, kamu bisa mengatasinya dengan  melakukan hal berikut ini.

1. Jangan menunjukkannya

Kamu tidak perlu mengumbar sifat pemalu yang kamu miliki ke orang lain. Cukuplah kamu dan orang-orang terdekatmu yang tahu akan hal tersebut. Karena bila sifat pemalumu sudah tersebar luas, maka kemungkinan kamu akan jadi objek komedi dihadapan orang-orang yang telah mengetahuinya. Sehingga bukannya berkurang, masalahmu justru menjadi semakin parah.

2. Bersikap tenang

Tetaplah tenang dan bersikap normal apabila orang-orang disekitarmu mulai membicarakan sifat pemalu yang kamu miliki. Apabila mereka mulai menanyakanmu soal itu, maka akuilah dengan berani dan bicarakan tentang sifatmu ini kepada mereka dengan tenang tanpa harus merasa jengkel. Namun, tentu saja kamu tak perlu mengutarakan semuanya.

3. Jangan beri dirimu label ‘pemalu’

Jangan biarkan sifat pemalu yang kamu miliki menjadi alasan untuk kamu berpikir bahwa kamu memanglah seorang pemalu. Ingatlah, bahwa sifat pemalu tetap bisa diatasi jika kamu mau berusaha. Sadari kalau kamu adalah individu yang ‘unik’ yang juga mempunyai banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain.

4. Kenali kelebihanmu

Mungkin kamu merasa bahwa sifat pemalu adalah suatu kekurangan yang besar, namun itu bukanlah berarti kamu tidak memiliki kelebihan sama sekali. Jika ada kekurangan maka akan ada kelebihan. Jadi, fokuskan dirimu pada kelebihan yang kamu miliki untuk menutupi kekuranganmu.

5. Pilih teman bergaul

Menaklukkan kekurangan dan mengatasinya juga memerlukan dukungan dari orang dari orang sekitar. Cara menghilangkan sifat pemalu dapat kamu lakukan dengan dukungan teman-teman yang tepat. Jadi, pilihlah lingkup pergaulan dengan hati-hati.

Kekurangan seperti sifat pemalu bukanlah hal yang harus kamu sembunyikan, tapi kekurangan itu bisa ditutupi dan dirubah dengan kelebihan yang kamu miliki.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading