Sukses

Lifestyle

Gadis Remaja Selamat dari Penculikan Berkat Gerstur Tangan yang Viral di TikTok

Fimela.com, Jakarta Media sosial jika digunakan dengan baik dan benar memang akan bermanfaat bagi diri kita sendiri hingga oranglain. Hal tersebut pun dibuktikan oleh remaja yang selamat dari penculikan.

Melansir Boredpanda, beredar luas di media sosial kisah seorang gadis remaja yang berhasil selamat dari kasus penculikan berkat gestur tangan yang viral di TikTok.

Remaja 16 tahun tersebut menunjukan gestur tangan yang memiliki arti jika dirinya tengan berada dalam bahaya. Sering melihatnya di TikTok, gadis tersebut pun melakukan gestur tangan ketika berada di sebuah mobil penculik.

Sang penculik yang diketahui bernama James Herbert Brick dari Cherokee, North Carolina telah diamankan oleh petugas kepolisian pada Kamis (4/11/2021) lalu.

Dari situlah, gestur tangan berhasil dilihat oleh pengendara lain dan langsung melaporkan kejadian mencurigakan tersebut. Petugas polisi dikerahkan untuk memeriksa penumpang sebuah mobil Toyota yang mencurigakan. Sebelumnya, pihak kepolisian mendapatkan laporan dari seseorang yang berada di belakang mobil sang penculik.

Sang pelapor pun langsung memberi tahu 911, pelapor pun berinisiatif untuk mengikuti mobil Toyota tersebut guna memberikan laporan lebih rinci terhadap polisi.

"Orang yang melaporkan mobil “berada di belakang kendaraan dan melihat seorang penumpang wanita di dalam kendaraan membuat gerakan tangan yang dikenal di platform media sosial TikTok untuk mewakili kekerasan di rumah – saya butuh bantuan – kekerasan dalam rumah tangga.” ujar Detektif Robert Reed melansir Boredpanda.

Ketika polisi melihat mobil yang dimaksud, mereka memutuskan untuk menghentikannya. Rupanya remaja yang berada di bagian belakang mobil sempat dilaporkan hilang oleh orangtuanya dua hari sebelumnya.

Gadis remaja tersebut pun menyebutkan jika pria yang menculiknya menyebut akan membawanya ke kerabatnya yang berada di Ohio. Namun, sang kerabat yang dituju justru menemukan fakta jika sang keponakan hilang. Sedangkan James Herbert sendiri meninggalkan Ohio dan pergi ke arah selatan.

Selama perjalanan dari Ohio ke selatan, gadis yang telah mengetahui dirinya diculik pun terus menarik perhatian orang yang mengendarai kendaraan dibelakangnya dengan hati-hati. Dirinya pun memilih untuk selalu menunjukkan gestur tangan yang viral di TikTok guna meminta pertolongan atas kasus kekerasan dan penculikan yang ia alami.

Gestur tangan meminta pertolongan tanpa bersuara

Ternyata gestur tangan meminta pertolongan dibuat oleh The Women's Funding Network. Yang memiliki arti jika seseorang mengalami kekerasan dalam rumah tangga dan meminta bantuan.

Tanda yang ditunjukkan oleh remaja tersebut pun kemungkinan besar merupakan tanda yang sama. Pasalnya, gerakan tangan ini juga sering kali viral di media sosial sebagai pengingat terhadap sesama.

Gerakan tangan tersebut pun cukup sederhana hanya perlu menghadapkan telapak tangan ke arah lawan bicara, menyelipkan ibu jari ke dalam, lalu menutupinya dengan jari lainnya. Seperti gambar yang tertera.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading