Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatasi Rasa Sedih yang Datang Sewaktu-Waktu

Fimela.com, Jakarta Saat sedang mengalami masalah, patah hati dan kecewa, wajar bila kita merasa sedih. Rasa sedih adalah hal yang normal dan tentunya dirasakan semua orang. Meskipun kesedihan bisa kita rasakan sewaktu-waktu, tapi terlalu beralut di dalamnya juga bukan hal yang baik bagi kesehatan fisik dan mental kita.

Untuk mengusir rasa sedih yang bisa datang sewaktu-waktu, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Akui kesedihanmu

Mungkin banyak dari kita saat merasa sedih malah pura-pura memasang senyum palsu agar terlihat baik-baik saja. Hal ini justru akan membuatmu semakin merasa tertekan karena kesedihan yang semakin menumpuk. Jadi, tidak apa-apa menunjukkan rasa sedihmu secara terang-terangan, misalnya dengan cara menangis atau berbicara pada diri sendiri.

2. Hindari hal yang membuatmu sedih

Jika sudah tahu apa yang membuatmu sedih. Cobalah untuk menghindari benda atau tempat yang berpotensi memicu rasa sedihmu. Ini memang tidak mudah dan rasanya pasti tidak enak. Kamu bisa memulainya dengan mengalihkan perhatianmu pada hal lain atau dengan menyibukkan diri.

3. Curhat pada orang yang dipercaya

Salah satu cara untuk mengurangi kesedihanmu, cobalah untuk menceritakan masalahmu pada orang lain. Bercerita juga termasuk cara ampuh, lho, untuk mengurangi stres pikiran. Kamu bisa curhat pada keluarga atau sahabat dekat yang kamu percaya. Pastinya, orang yang peduli denganmu juga akan membantu untuk mencari jalan keluar.

4. Menonton film sedih

Menonton film sedih ternyata juga dapat membantumu lebih cepat melupakan kegalauanmu. Saat kita menonton fil sedih, tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin, ini adalah satu satu hormon kebahagiaan yang akan meningkatkan rasa peduli sehingga menciptakan keinginan untuk bersosialisasi dengan orang lain.

5. Berdoa

Saat merasa sedih, melakukan kegiatan spiritual seperti berdoa, meditasi, atau pergi ke tempat ibadah akan membuat hatimu semakin tenang. Mendekatkan diri dengan Tuhan juga menjadi cara efektif untuk membuat suasana hati jadi lebih damai. Jangan lupa juga untuk terus bersyukur dengan hidupmu saat ini agar lebih bahagia.

Rasa sedih itu adalah hal yang normal dan dirasakan semua orang, jadi kamu tidak perlu malu atau menghindarinya. Jika kamu tidak punya teman untuk bercerita, maka kamu selalu punya Tuhan sebagai tempat berkeluh kesah dan yakinlah bahwa kamu adalah orang yang kuat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading