Sukses

Lifestyle

Bersikaplah dengan Bijak, Ini 5 Cara Menghadapi Orang yang Berusaha Menjatuhkan dan Merendahkanmu

Fimela.com, Jakarta Sadar atau tidak, beberapa dari kita mungkin memiliki sikap yang dapat menyakiti orang lain. Misalnya saja seperti menghina dan terlalu mengkritik sehingga bisa menyakiti perasaan seseorang. Bahkan mungkin dari perilaku tersebut tak jarang dapat menimbulkan sebuah konflik.

Meskipun kita tidak dapat mencegah orang lain bersikap merendahkan dan menjatuhkan, tentu kita perlu memiliki cara untuk menghadapinya. Melansir dari brightde.me (22/11), berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sikap menjatuhkan dari seseorang tanpa menimbulkan konflik.

1. Jangan Mudah Emosi

Bagi sebagian orang, reaksi pertama yang mereka lakukan ketika menghadapi sikap meremehkan mungkin adalah marah. Ya, memang ini menjadi reaksi paling umum dilakukan, tapi itu tidak seharusnya kamu lakukan. Karena kemarahan hanya membuat kita menjadi lebih rentan dan menyebabkan lebih banyak konflik. Saat bertindak karena marah, kita tidak benar-benar berpikir jernih, dan pada akhirnya kita bisa menjadi hal yang membuat kita merasa buruk.

2. Menjaga Jarak dari Situasi Tersebut

Terkadang, orang tidak benar-benar menyadari perilaku mereka sendiri, sehingga mereka mungkin membuat komentar negatif yang dapat mengubah sikap positif orang lain tanpa menyadarinya. Ketika seseorang mengatakan hal yang bisa merendahkanmu, ada baiknya untuk tetap berpikir positif tentang dirimu.

3. Cobalah untuk Lebih Tenang saat Menanggapinya

Ketika datang untuk bereaksi, waktu sangat berharga. Ketika kamu merasa bahwa komentar atau tindakan yang dibuat oleh orang lain telah menyinggungmu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menarik napas dalam-dalam dan membiarkan beberapa waktu berlalu sebelum bereaksi. Melakukan hal itu akan memberimu lebih banyak perspektif tentang apa yang baru saja terjadi dan dapat membantumu membuat keputusan yang lebih baik.

4. Menerima atau Menolak Hinaan, Tetapi Lakukan dengan Cara yang Ramah

Beberapa orang cenderung sangat kritis, menunjukkan sifat fisik atau pribadi orang lain dalam upaya untuk memancing reaksi atau tingkat ketidaknyamanan. Namun, terserah pada kita untuk memutuskan bagaimana kita menanggapi komentar tersebut dan bereaksi terhadapnya. Untuk menghindari konflik dan menetralisir keadaan kamu bisa menanggapinya dengan ramah dan ingat jangan mudah emosi.

5. Meminta Penjelasan

Terkadang hinaan tidak begitu jelas dan dapat disamarkan sebagai pujian. Dan yang harus kamu lakukan adalah meminta penjelasan mengapa orang tersebut mengatakan apa yang mereka katakan. Daripada ada kesalahpahaman, ada baiknya untuk menanyakannya.

Nah, itu tadi beberapa tips yang dapat membantumu menghadapi orang yang berusaha menrendahkan atau menjatuhkanmu. Jika perilaku tersebut masih saja dilakukannya ada baiknya kamu tidak perlu untuk menanggapinya.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading