Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatasi Rasa Jenuh sebagai Perempuan Dewasa

Fimela.com, Jakarta Perjalanan untuk tumbuh dan menjadi perempuan dewasa tidak selalu mudah. Tidak sedikit di antara kita yang harus melalui banyak lika-liku hidup. Belum lagi dengan berbagai persoalan yang membuat kita jatuh bangun dalam menghadapinya.

Di titik tertentu kita pun akan merasa jenuh. Hidup yang dijalani terasa kosong dan hampa. Bahkan kadang kita merasa putus asa atau sudah tak punya harapan untuk memperjuangkan hidup. Jika sudah begini, kadang rasanya kita ingin menyerah saja. Namun, bukan berarti perasaan jenuh dan jemu yang hadir tidak bisa diatasi. Kita bisa mencoba untuk berdamai dengan semua perasaan yang hadir tersebut.

1. Jika Tidak Ingin Melakukan Apa-Apa, Izinkan Diri untuk Rehat

Saat perasaan jenuh hadir, biasanya kita tak bersemangat. Tak ingin melakukan apa-apa, dan rasanya tak punya tenaga untuk melakukan sesuatu. Jika ini yang terjadi, cobalah untuk memberi waktu untuk rehat sejenak. Menjadi perempuan dewasa bukan berarti kita harus selalu menampakkan sisi tegar dan kuat kita. Justru boleh untuk lebih jujur dengan semua perasaan yang ada, karena dengan begini kita bisa menemukan kenyamanan dengan cara yang paling kita butuhkan.

2. Lakukan Kegiatan atau Aktivitas yang Paling Disukai

Mengutip buku Hello, Habits dijelaskan bahwa kita dapat benar-benar beristirahat justru dengan secara proaktif melakukan kegiatan yang kita sukia, misalnya keluar rumah atau menikmati alam. Ketika kita merasa jenuh lalu malah makin merasa lelah atau tertekan saat hanya berguling-guling di tempat tidur, kita bisa mencoba melakukan kegiatan yang kita sukai. Kembali menggerakkan tubuh atau menyibukkan diri dengan sesuatu yang bisa membuat kita tersenyum bisa membantu meluruhkan rasa jenuh yang ada.

3. Buat Perubahan Baru di Sekitar

Kadang rasa jenuh hadir sebagai pengingat ada perubahan yang sedang kita perlukan saat ini. Misalnya, ketika kamu merasa jenuh dengan pekerjaan sehari-hari, cobalah untuk menata ulang meja kerja. Atau hadirkan ornamen atau dekorasi baru di meja kerjamu. Sedikit sentuhan baru dan perubahan kecil bisa membantu meningkatkan mood dan bantu mengatasi kejenuhanmu.

4. Ciptakan Variasi Berbeda dalam Rutinitas

Menjalani rutinitas yang sama setiap harinya kadang membuat kita rentan jenuh. Bila ini yang terjadi, maka kita bisa mencoba untuk menciptakan variasi berbeda dalam rutinitas. Bisa dimulai dari hal kecil dan sederhana juga. Sebagai contoh, kalau biasanya kamu melewati jalan yang sama tiap kali berangkat dan pulang kerja, cobalah untuk mengambil jalan berbeda hari ini. Atau kalau biasanya kamu lebih suka menikmati kopi saat beristirahat siang, cobalah untuk mencicipi menu baru di kafe yang belum pernah kamu kunjungi. Hadirnya variasi baru bisa bantu menghadirkan semangat baru dalam keseharian.

5. Mencoba Aktivitas Olahraga Baru

Berolahraga bisa membuat otak kembali merasa segar. Saat kita merasa bingung mau melakukan apa saat sedang jenuh, bisa coba untuk melakukan aktivitas fisik atau jenis olahraga baru. Awalnya mungkin akan terasa berat, tapi ketika sudah mulai mencobanya secara perlahan kita akan merasa ada energi baru yang terbentuk di dalam tubuh dan membuat kita kembali bersemangat.

Kalau perasaan jenuh dan jemu yang hadir mengendap dalam kurun waktu lama dan terjadi berulang, tak ada salahnya untuk mencoba mencari bantuan profesional, ya. Semoga info dan kiat-kiat di atas bermanfaat juga untukmu.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tipe Perempuan yang Punya Pesona dan Kecantikan Alami
Artikel Selanjutnya
Studi: WFH Bisa Merusak Karier Perempuan, Benarkah?