Sukses

Lifestyle

9 Cara Mandi Wajib Setelah Mimpi Basah yang Benar

Fimela.com, Jakarta Mimpi basah sangat alami dilakukan oleh laki-laki. Mimpi basah yang disebut dengan nocturnal emission, terjadi saat seorang laki-laki sedang tidur dan mengalami ejakulasi tanpa adanya rangsangan seksual.

Bagi umat Islam, mandi wajib harus dilakukan setelah mimpi basah, untuk membersihkan tubuh dan menyucikan diri. Saat melakukan mandi wajib, alirkan air ke seluruh tubuh dengan air suci atau air bersih. Jika tidak melakukan mandi wajib setelah mimpi basah, maka ibadah yang kamu lakukan tidak akan sah.

Selain dilakukan setelah mimpi basah, mandi wajib juga dilakukan setelah melakukan hubungan seksual, setelah haid, setelah darah nifas terhenti, dan setelah melahirkan. Berikut cara mandi wajib setelah mimpi basah, dilansir dari Liputan6.com:

Dasar Hukum Mandi Wajib

Sebagai umat Islam, perlu mengetahui tentang tata cara mandi wajib setelah mimpi basah. Agar tidak salah dalam menjalankan mandi wajib. Seperti firman Allah SWT: "Dan jika kamu junub, maka mandilah." (QS. Al Maidah: 6). 

Dalam surat lainnya Allah SWT menyuruh umat Islam untuk mandi wajib jika dalam keadaan junub.

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu salat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun." (QS. An-Nisa': 43).

Cara Mandi Wajib Setelah Mimpi Basah yang Benar

Sebenarnya tata cara mandi wajib setelah mimpi basah hampir sama dengan mandi wajib biasanya. Namun terdapat perbedaan pada cara mandi wajib setelah mimpi basah, yaitu pada bagian niat. Berikut tata cara mandi wajib setelah mimpi basah:

1. Niat

Untuk mandi wajib setelah mimpi basah, kamu bisa melafalkan niat berikut:

"Bismillahirahmanirahim nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbar minal janabati fardlon lillahi ta'ala."

Artinya:"Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta'ala."

2. Membasuh tangan sebanyak 3 kali

3. Membasuh alat kelamin dari kotoran dan najis.

4. Mencuci tangan dengan sabun.

5. Mengambil wudhu seperti biasa.

6. Mengguyur rambut sebanyak 3kali.

7. Siram anggota badan sebelah kanan hingga tiga kali.

8. Kemudian siram anggota badan pada bagian kiri sebanyak tiga kali juga.

9. Menggosok bagian tubuh sebanyak tiga kali, terutama bagian yang sulit seperti pusat, ketiak, lutut dan lain-lain supaya terkena air.

10. Kamu bisa melanjutkannya dengan mandi seperti biasa

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab Demam Berdarah yang Paling Umum Beserta Gejala dan Cara Pengobatannya
Artikel Selanjutnya
Mengenal Penyebab Disleksia pada Anak Beserta Gejalanya