Sukses

Lifestyle

5 Rekomendasi Novel Cinta yang Menyedihkan, Alur Ceritanya Bikin Nangis

Fimela.com, Jakarta Novel adalah sebuah karya sastra berbentuk prosa yang menceritakan suatu cerita dengan narasi panjang berbentuk fiksi maupun non fiksi. Penggemar novel pastinya tahu berbagai genre menarik di dalam setiap bacaan dan terkadang membuat hati ikut tersentuh pada setiap kalimat yang tertuang.

Cerita yang disuguhkan didalam novel juga beragam, salah satunya adalah kisah cinta yang berakhir tragis atau menyedihkan. Meskipun bukan novel yang happy ending, tetapi banyak juga orang yang menyukai novel-novel dengan tema yang sedih. 

Tentu saja para pembaca novel dengan tema cinta yang sedih mudah terbawa suasana karena alurnya juga menggugah emosi. Apakah kamu tertarik dengan novel-novel yang ceritanya tragis dan menyedihkan ?

Berikut Fimela.com telah merangkum 5 rekomendasi novel cinta yang menyedihkan. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. A Walk to Remember

Rekomendasi novel cinta yang menyedihkan pertama jatuh kepada A Walk to Remember. Sebuah novel yang sudah terbit sejak Oktober 1999 dan ditulis oleh Nicholas Sparks.  Novel ini bisa dibilang sebagai salah satu novel yang kisahnya masih banyak dikenang hingga kini.

Singkatnya, novel ini menceritakan kisah Landon Carter, pria berusia 57 yang mengenang kisah cinta di masa remajanya. Di saat usianya baru menginjak 17 tahun, dia dipertemukan dengan Jamie Sullivan, putri pendeta yang selalu membawa alkitab ke mana pun dia pergi.

Setelah melewati banyak rintangan dan kejadian yang tidak menyenangkan, keduanya pun saling jatuh cinta. Sayangnya, kisah mereka tak berakhir baik alias sad ending, karena salah satu dari mereka ternyata mengidap penyakit serius hingga merenggut nyawanya.

2. Novel Autumn in Paris

Autumn in Paris adalah novel yang ditulis oleh Ilana Tan dan merupakan novel kedua dari seri etralogi empat musimnya. Novel ini telah diterbitkan sejak tahun 2007 pada bulan Juli oleh  PT Gramedia Pustaka Utama. Dari seri tetralogi empat musim ini, telah ada satu buku yang digarap menjadi film, dan sudah ada dua yang digarap dari keseluruhan buku Ilana Tan.

Secara singkat, novel ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Tara Dupont menyukai Paris dan musim gugur. Ia mengira sudah memiliki segalanya dalam hidup, sampai ia bertemu Tatsuya Fujisawa yang susah ditebak dan selalu membangkitkan rasa penasarannya sejak awal. Mereka menghabiskan banyak waktu bersama, mengunjungi banyak tempat, dan saling bercerita mengenai banyak hal tentang dirinya masing-masing. 

Kebersamaan Tara dan Tatsuya ternyata telah menumbuhkan cinta diantara mereka. Namun, segala harapan, perasaan, dan keyakinan, gugur dihancurkan masa lalu yang menghubungkan mereka. Kenyataan bahwa ayah Tara merupakan ayah kandung dari Tatsuya. Kenyataan bahwa mereka tak akan bisa bersama itu pula yang mendorong mereka pada keputus asaan, yang pada akhirnya menuntun pada perpisahan Tragisnya, perpisahan itu menjadi momen yang sangat memilukan tatkala Tatsuya di kasur rawatnya, setelah Tara mengucapkan perasaannya kepada Tatsuya. 

3. PS, I Love You

Rekomendasi berikutnya yang jalan ceritanya tidak kalah mengharukan ialah novel yang berjudul PS, I Love You. Novel ini pertama kali dirilis pada 2004 dan merupakan karya pertama dari penulis Cecelia Ahern. 

Novel ini mengisahkan seorang pria bernama Gerry yang tak putus asa dalam mengejar cintanya meski takdir mengatakan dirinya harus pergi dari dunia ini.

Sayangnya, Gerry pun harus meninggal karena tumor otak. Sementara Holly, istri Gerry sangat terguncang atas kepergian sang suami. Namun ternyata, Gerry sudah menyiapkan banyak hal, yang bisa membuat sang istri merasa dirinya selalu ada, dan yang terpenting Gerry selalu mencintainya meski mereka telah terpisah dunia.

4. The Fault in Our Stars

Selanjutnya, novel yang tidak kalah mengharukan dan sangat menarik untuk dibaca ialah 'The Fault in Our Stars' yang menceritakan kisah Hazel, seorang gadis yang mengidap penyakit kanker yang menyebabkan kemanapun ia pergi harus membawa tabung oksigen untuk bernapas.

Hal ini membuat Hazel Depresi, sehingga sang ibu membuat Hazel menghadiri kelompok pendukung pasien kanker. Tidak disangka, dengan menghadiri pertemuan tersebut, hidup Hazel berubah ketika ia bertemu dengan Augustus Waters. Bagaimana kisah Hazel dan Augustus dalam menghadapi penyakit ganas tersebut? Jika kamu ingin tahu kelanjutannya, yuk segera baca novelnya!

5. Dealova

Terakhir, ada novel berjudul Dealova yang sempat sangat terkenal di tahun 2004. Novel ini ditulis oleh Dyan Nuranindya dan sejak penerbitannya pertamanya, novel ini langsung booming. Setahun setelahnya novel ini diadaptasi menjadi film layar lebar dengan judul yang sama, Dealova.

Cerita dari novel ini juga cukup ikonik, yakni tentang cinta di SMA, antara Karra dan Dira. Namun sikap Dira yang ketus dan galak membuat Karra memertanyakan kembali perasaannya untuk Dira. Di saat itu hadirlah Ibel, yang merupakan teman dari kakak Karra, Iraz.

Takdir pun berkata bahwa Dira dan Karra memang tidak bisa bersama. Kisah mereka berakhir menyedihkan, meski akhirnya kehadiran Ibel bisa mengobati kesedihan Karra.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading