Sukses

Lifestyle

11 Alasan Kamu Tidak akan Pernah Jadi Kaya Raya

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa penasaran mengapa dirimu tak pernah kaya? Ketika orang lain sepertinya mudah sekali mendatangkan uang ke dalam rekening mereka. Ternyata ada banyak seklai alasan mengapa seseorang tak bisa kaya. Dan itu bukan hanya dialami satu dua orang saja, namun hampir siapa saja. Jadi kemungkinan kamu tak sendiri.

Dilansir dari Forbes, sekian alasan inilah mengapa dirimu tak akan pernah kaya raya.

1. Takut berinvestasi

Banyak orang merasa ragu dan bahkan takut menginvestasikan uangnya agar bisa mendapatkan passive income dan lebih memilih menabung atau menyimpan saja uangnya. Hampir tidak mungkin bagi pekerja biasa untuk menjadi kaya raya, tanpa setidaknya lakukanlah investasi. Kamu mungkin merasa nyaman melihat angka tabungan, tapi sebenarnya sedang kehilangan uang setiap hari.

2. Kurang menabung

Alasan kedua ini sangat masuk akal, ketika kamu sendiri tak bisa membiasakan diri untuk menabung, maka tak akan ada kestabilan keuangan yang bisa menjagamu dari keadaan apa pun. Mulai dulu menerapkan kebiasaan menabung dan menghentikan sikap boros atau terlalu konsumtif. Anggaplah kamu sudah tak takut berinvestasi, tapi jika tak ada tabungan untuk jaga-jaga, tetap saja akan fatal jadinya.

3. Pengeluaran melebihi penghasilan

Kebiasaan ini bukan hanya membuatmu mustahil jadi kaya raya tapi juga membuatmu rentan terlibat utang piutang yang membelit. Banyak orang merasa perlu memenuhi gaya hidupnya yang mewah tapi tak pernah sadar bahwa ia membeli sesuatu melebihi daya beli dan kemampuannya dalam menghasilkan uang setia bulannya.

4. Mengabaikan pengeluaran kecil

Hanya karena kamu bergaji besar, bukan berarti kamu bisa dengan mudah jadi jutawan. Seringkali orang tak sadar bahwa keluar uang 5 ribu di sini, 7 ribu di sana dan 10 ribu di tempat lainnya bisa menipiskan uang di rekeningmu. Apakah kamu mampu membayarnya? Tentu, tapi apakah itu berguna? Tidak, akhirnya kamu hanya membuang-buang uang.

5. Tidak menjaga kesehatan

Kamu pasti pernah mendengar kalimat 'kesehatan itu mahal', dan itu benar adanya. Jika kamu tidak pernah menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi dan aktif secara fisik, tubuh akan mudah jatuh sakit. Dan pada akhirnya kamu membayar mahal biaya pengobatan yang seharusnya bisa kamu cegah jika bisa lebih perhatian dengan tubuhmu sendiri.

6. Tak punya rencana pengeluaran

Meskipun hanya coretan kecil, tapi menuliskan perencanaan keuangan dan pengeluaran bulanan sangat membantumu dalam mengawasi ke mana perginya uang. Kamu akan mampu melihat apakah kamu sudah memiliki kebiasaan baik atau justru buruk dalam menggunakan uang. Budgeting itu perlu, jangan sampai besar pasak daripada tiang.

7. Terlalu banyak pajak

Memiliki mobil import bagus atau beberapa sepeda motor sekaligus memang keren dipandang, tapi sebenarnya semua kendaraan itu hanya jadi pajangan, kamu jarang menggunakannya. Semua kendaraan itu hanya akan menyedot uangmu dalam jumlah yang tidak sedikit.

8. Memilih jalan karir yang salah

Akan selalu ada pekerjaan-pekerjaan bergaji besar dan kecil yang akan kamu temui di dunia ini, dan sayangnya kamu memilih pekerjaan dengan gaji kecil. Sejak awal, jalan karier ini memang kurang bisa menghasilkan banyak uang. Memilih jalur karier yang tepat seringkali sangat berpengaruh pada kesejahteraan finansial.

9. Menikahi orang yang salah

Jika orang bilang ada rezeki tersendiri setelah menikah, bisa jadi itu benar. Ada banyak keuntungan finansial dari menikah, terutama jika kamu benar dalam memilih pasangan. Jika salah satunya pemboros, maka si pemboros akan cenderung menang. Jika keduanya sama-sama suka berhemat, kamu bisa membayangkan seperti apa keuangan mereka.

10. Tak punya usaha sendiri

Seringkali memiliki wirausaha sendiri atau mulai memberdayakan keterampilan yang dimiliki, bisa menjadi sumber tambahan penghasilan tanpa mengganggu pekerjaan utamamu. Di sinilah seringkali ladang uang dan cuan bisa didapat. Jika kamu tak pernah mencobanya, maka tak akan ada pemasukan tambahan.

11. Kurang motivasi dan tujuan hidup

Mereka yang memiliki tujuan dan semangat dalam hidup membuat dirinya lebih mudah untuk bangun setiap pagi. Ia akan punya lebih banyak rencana untuk dilakukan demi masa depan. Punya mortivasi hidup membuatmu menata kehidupanmu, tidak terkecuali secara finansial.

Jika masih sering melakukan sekian hal di atas, maka jangan bingung mengapa tak juga jadi kaya raya.

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Masalah Keuangan yang Perlu Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Menikah
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2021: Investasi Modern dengan Kripto Lebih Mudah dan Menjanjikan