Sukses

Lifestyle

5 Rekomendasi Buku Statistika yang Perlu Kamu Pelajari

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar orang yang mencari buku statistika adalah mahasiswa yang tenga mengambil skripsi. Statistika dalam skripsi merupakan salah satu pengumpulan data yang dapat mendeskripsikan golongan tersebut.

Mahasiswa yang mengambil skripsi dengan pilihan metode penelitian kuantitatif perlu mengetahui pembelajaran maupun dasar statistika. Namun beberapa mahasiswa dari jurusan ekonomi maupun manajemen juga membahas mengenai stastistka.

Meskipun tergolong rumit, statistika hampir ada diberbagai jurusan di kampus. Untuk kamu yang sedang bingung mencari rekomendasi buku statistika. Berikut di bawah ini beberapa rekomendasi buku statiska yang perlu kamu tahu:

1. Statistik Teori & Terapan – J. Supranto

Buku yang cukup terkenal satu ini memiliki 8 jilid. Seain itu buku ini menyajikan contoh mengambil keputusan informasi yang akurat melalui data statistik yang dikumpulkan, diolah, disajikan, dan dianalisis.

Oleh sebab itu bagi setiap orang penting sekali untuk mengetahui ilmu stastistik. Selain itu jika kamu membeli buku jilid ke 8 dilengkapi contoh data yang mutakhir. Sehingga dapat bermanfaat bagi mahasiswa serta siapapun yang ingin belajar mengenai statistika.

2. Statistka dan Probabilitas – Syarif Hidayatullah

Buku Statiska dan Probabilitas ini merupakan buku yang membahas hasil dari percobaan, penelitian, tugas akhir, dan berisi tulisan pribadi penulis mengenai berbagai jurnal. Selain itu pengalaman pribadai penulis dalam pengajaran juga ditulis untuk menjadi referensi.

Buku ini diharapkan dapat memberikan informasi tambahan dan kritis mengenai statistika dasar, probabilitas, probabilitas dan statistka (probstat), serta statistika dan metodologi penelitian.

3. Statistika Sosial – Siti Nurhasanah dan Resista Vikaliana

Selanjutnya buku ini menyajikan teori statistika dengan perhitungan manual berdasarkan pada rumusan atau teori yang ada. Dalam buku ini juga menyajikan perhitungan data menggunakan Microsoft Excel dan Aplikasi dari Program SPSS. Buku ini juga berisi contoh soal yang dapat mempermudah pembaca untuk mengaplikasikan rumus statistika serta penggunaannya dengan program Excel dan SPSS.

Buku ini sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi buku statistika. Kamu jangan khawatir karena dalam buku ini penulis menyajikan analisis yang umumnya dipakai dalam penelitian, seperti statistika deskriptif sampai statistika inferensial untuk mengetahui hubungan antarvariabel, baik sederhana maupun ganda.

4. Statistika Kesehatan : Aplikasi Stata dan SPSS – Najmah

Buku Statistika Kesehatan : Aplikasi Stata dan SPSS memberikan informasi mengenai aplikasi Stata dan SPP dalam analisis deskriptif, uji hipotesis, analisis regresi logistic sederhana, analisis data sekunder, serta aplikai perhitungan epidemiologi, dan aplikasi regresi Cox.

Selain itu penulis menyajikan isi buku dengan bab pembahasan yang terdapat contoh dari beberapa penelitian pribadi dan lainnya, tentu akan meningkatkan pemahaman pembaca dalam mengaplikasi Stata dan spss.

5. Statistka Pendidikan : teori Aplikasi dan Kasus – Siti Nurhasanah

Dalam buku ini penulis mengharapkan pembaca dapat menjadikan acuan, petunjuk, maupun pedoman bagi peneliti ataupun pembaca umum. Selain itu buku ini juga menyajikan teori statistika dengan perhitungan manual berdasarkan pada rumus atau teori yang ada serta penyajian data dengan menggunakan Microsoft Excel dan Aplikasi dari Program SPSS.

Tentunya penulis menyajikan berbagaui analisis yang umumnya dipakai dalam penelitian, seperti statistika deskriptif sampai statistika inferensial untuk mengetahui antarvariabel yang sederhana maupun berganda.

Itulah beberapa rekomendasi buku statistka yang mungkin belum kamu tahu. Semoga informasi di atas mengenai rekomendasi buku statistika dapat mempermudah kamu dalam mencari buku mengenai statistika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading