Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Mengalami Kesepian Kronis

Fimela.com, Jakarta Kesepian adalah perasaan normal yang bisa terjadi pada siapa saja dan bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi, jika kesepian ini terjadi terus-menerus ini bisa menjadi kesepian kronis dan tidak boleh disepelekan. Kesepian kronis tidak hanya akan berdampak pada kesehatan mental namun juga kesehatan fisik, seperti gangguan tidur, makan dan masalah kesehatan lainnya.

Jika kamu megalami kesepian kronis, kamu akan merasakan beberapa tanda berikut ini.

1. Selalu merasa terasing dimanapun berada

Orang yang merasa kesepian akan merasa terasing dimanapun mereka berada. Meskipun kamu di tengah orang ramai, kamu merasa sendiri dan tidak menjadi bagian siapapun. Baik di kantor, kampus, tempat wisata bahkan di rumah, kamu merasa ada sekat yang membuatmu berjarak dengan orang lain. Meskipun kamu berinteraksi dengan banyak orang tetapi kamu merasa kesulitan untuk membuat interaksi yang lebih mendalam.

2. Merasa tidak punya teman dekat atau sahabat

Kamu bisa saja punya banyak teman atau kenalan, tetapi kamu tak pernah merasa satu pun dari mereka dekat secara emosional denganmu. Salah satu tandanya, kamu takut untuk curhat tentang masalah pribadimu pada mereka. Bahkan, kamu merasa tidak pernah cocok dengan siapa pun.

3. Merasa dirimu tidak berguna

Orang yang kesepian kronis cenderung memiliki pikiran negatif tentang dirinya sendiri. Saat kesepian kamu cenderung merasa tidak disukai, tidak diperhatikan, tidak punya kelebihan dan sebagainya. Pada akhirnya, pikiran seperti ini membuatmu merasa jadi orang yang tidak berguna sama sekali. Inilah yang membuat orang kesepian menarik diri dari lingkungan sosialnya.

4. Sering merasa lelah padahal tidak melakukan pekerjaan berat

Orang yang sedang menghadapi kesepian kronis akan merasa lebih kelelahan daripada biasanya walaupun tidak melakukan aktivitas berat. Ini karena orang yang kesepian menggunakan banyak waktunya untuk berpikir yang membuatnya kelelahan. Jika kondisi ini terus terjadi akan menyebabkan gangguan tidur, kekebalan tubuh menurun, pola makan tidak teratur dan masalah kesehatan lainnya.

5. Suka lama di kamar mandi

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah "Emotion", para peneliti menemukan hubungan antara kehangatan fisik dan sosial. Pada dasarnya, jika seseorang merasa dingin secara sosial (kesepian), mereka cenderung mencoba mengganti kehangatan emosional dengan kehangatan fisik dengan mandi air panas atau berlama-lama di kamar mandi.

Untuk mengatasi kesepian yang kamu rasakan, pertama akuilah tentang perasaanmu, coba cari penyebab masalahnya dan cobalah membuka dirimu pada orang di sekitarmu, bagikan apa yang kamu rasakan pada orang yang kamu percaya. Dengan begitu, sedikit demi sedikit kesepian yang kamu rasakan akan hilang dengan sendirinya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading