Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatasi Amarah dengan Tepat untuk Kamu yang Suka Marah-marah

Fimela.com, Jakarta Marah merupakan salah satu bentuk reaksi emosional yang dimiliki oleh setiap orang dan itu adalah hal yang normal. Layaknya emosi lainnya seperti sedih, gembira, kecewa, dan sebagainya. Namun, seperti kata pepatah ‘apapun yang berlebihan itu tidak baik’ termasuk marah. Mengontrol amarah sangat dibutuhkan agar kamu tidak melakukan tindakan atau perkataan yang mungkin akan kamu sesali nantinya. Bagaimana sih caranya mengatasi rasa marah? Yuk simak infonya dibawah ini.

1. Bernafas dalam-dalam

Tariklah nafasmu dalam-dalam dengan hidung saat kamu dalam keadaan marah. Kemudian, hembuskanlah pelan-pelan melalui mulut dan lakukan beberapa kali. Teknik ini membantu kamu untuk menenangkan dan mengatur sistem saraf otonom. Karena saat marah, nafas kamu akan menjadi lebih singkat dan semakin cepat. Ini akan membantu menurunkan tekanan darah dan memberikan rasa tenang dengan cepat.

2. Olahraga

Olahraga atau beraktivitas dapat membantu menenangkan syaraf dan mengurangi kemarahanmu. Saat kamu kesusahan mengontrol amarah, cobalah pergi jalan-jalan, bersepeda, atau berkebun. Bergerak dapat membantu melancarkan peredaran darah kamu dan berpikir lebih positif.

3. Me time untuk diri sendiri

Beri kamu diri sendiri waktu untuk istirahat, jauh dari orang lain, dan jauh dari pekerjaan. Saat sedang sendiri, kamu dapat memproses dengan baik apa yang sebenarnya terjadi dan mengembalikan emosi kembali ke netral. Marah tidak selalu berkaitan dengan emosi negatif, dia juga bisa menjadi energi positif bagi seseorang. Marah bisa jadi akan mendorong kamu untuk membantu orang lain atau melakukan perubahan sosial. Emosi marah menjadi buruk kalau terlalu sering dilakukan dan kamu mengekspresikannya dengan cara tidak sehat. Oleh karena itu, jika kamu sering marah akhir-akhir ini. Take your time. Kasih waktu istirahat untuk dirimu sendiri yaa!

4. Menulis buku atau jurnal

Apa yang tidak bisa kamu sampaikan mungkin bisa kamu tulis melalui buku atau jurnal. Catat apa saja yang sedang kamu rasakan dan bagaimana kamu ingin meresponnya. Menulis dapat membantu kamu lebih tenang dan menilai kembali peristiwa yang mengarah pada perasaan kamu sekarang. Kamu bisa mengevaluasi kembali tentang perasaan marah kamu dengan menulis.

5. Berbicara dengan seseorang

Jika menulis belum bisa membantumu dalam meredakan amarah, cobalah untuk berbicara dengan seseorang. Berbicara dengan seseorang tentang amarahmu bukanlah hal yang buruk lho! Dengan bicara dengan orang lain, kamu bisa mendapatkan perspektif baru dan memandang masalahmu dari sudut pandang lain.

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengatasi amarah yang tepat. Metode cara apa nih yang sahabat fimela pernah terapkan kalau lagi marah?

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading