Sukses

Lifestyle

Dari PPKM Diperpanjang, Hingga BTS Meal Masuk Overall Trending di Google Sepanjang 2021

Fimela.com, Jakarta Setiap hari beragam topik ditelusuri oleh banyak orang dengan mengakses Google, dari mulai isu viral, hingga informasi-informasi penting harian yang dapat membantu kita dalam berkegiatan. Hari ini Google mengumumkan Year in Search 2021 yang menawarkan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren tahun 2021 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia.

Setiap tahunnya, Year in Search 2021 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Perlu diketahui, Daftar Year in Search 2021 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran. 9 kategori yang diumumkan tahun ini, diantaranya: Siapa, Peristiwa Nasional, Lagu, Apa itu, Bagaimana Cara, Resep, Film, tren seputar COVID-19 dan daftar utama Tren Penelusuran secara keseluruhan.

Dalam konferensi pers yang berlangsung pada hari Rabu (8/12/2021), ada 10 topik yang masuk dalam OVERALL TRENDING: Piala Euro, Olimpiade Tokyo, BTS Meal, Vaksin COVID-19, Pencegahan COVID-19, Peduli Lindungi, PPKM Diperpanjang, BPJS Ketenagakerjaan, Prakerja.go.id, dan Google Translate.

Ada hal-hal lain yang menarik untuk kita ketahui, saat masyarakat Indonesia tengah memikirkan cara untuk pulih dari paparan Covid-19 misalnya, ternyata banyak orang mencari infornasi seputar “Cara Mengembalikan Indera Penciuman”, “Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen”, hingga “Pencegahan COVID-19”.

Tak hanya itu, banyak pencarian juga menunjukkan tingginya keingintahuan perihal “Cara Jualan Online” atau pekerja yang mencari tahu bagaimana “Cara Daftar Kartu Prakerja”. Sempat juga viral isu soal berbagai cara baru untuk berusaha membantu sesama dan masyarakat di sekitar kita, seperti “Apa Itu Ikoy-Ikoy-an”.

 

Year in Search

Beberapa hal lain juga menjadi pencarian banyak orang, kali ini berkaintan cara praktis untuk tetap terhubung dengan sesama dan menikmati hiburan di rumah dengan film-film lokal seperti Ali & Ratu-Ratu Queens, atau film seri menegangkan seperti Squid Game yang berhasil menjadi salah satu pencarian trending tahun ini dalam penelusuran acara TV yang ditonton di Indonesia dan seluruh dunia. Masyarakat Indonesia juga mewarnai hari dengan lagu dari musisi lokal seperti lagu Widodari oleh Denny Caknan dan Guyon Waton, C.H.R.I.S.Y.E dari Diskoria dan Eva Celia, hingga lagu dari musisi mancanegara seperti Butter dari BTS (방탄소년단). 

Pada bidang olahraga, ajang Piala Thomas di 2021 jadi topik yang ramai diperbincangkan, berikut dengan para atlet idola seperti Greysia Polli dan Anthony Ginting. Hadir juga trending topik dari Amanda Manopo di bidang Seni Pertunjukan, hingga Dewa Kipas di bidang Catur.

“Dalam beberapa tahun terakhir kita semua telah mengalami serangkaian peristiwa yang membuat kita berada dalam survival mode. Tahun ini, kita mulai merenungkan dan mencari cara bagaimana kita dapat bangkit lebih tangguh dan terus bertumbuh. Pada tahun 2021, lebih dari sebelumnya, kita melihat bahwa masyarakat Indonesia mencari jalan menuju pemulihan. Tidak hanya menunjukkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi, tapi masyarakat Indonesia juga bersemangat untuk bertumbuh lebih tangguh, hingga menciptakan terobosan.” ujar Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading