Sukses

Lifestyle

Histori Uang Koin dari Emas Edisi Khusus yang Dirilis BI, Tertinggi Rp850 Ribu

Fimela.com, Jakarta Tahukah kamu jika Bank Indonesia menerbitkan beberapa uang logam khusus atau commemorative coin untuk memperingati momen tertentu? Seperti saat momen perayaan HUT ke-50 RI, terdapat di mana BI merilis dua di antara uang koin seri khusus dibuat dari bahan dasar emas.

Bank Indonesia berbagi histori tentang rupiah seri khusus dalam dua nominal yang dikeluarkan menggunakan bahan dasar emas. Nominal terendah bernilai Rp300 ribu dan tertinggi Rp850 ribu.

Koin Rp850 ribu memiliki gambar muka lambang negara Burung Garuda dan gambar belakang mantan Presiden RI Soeharto. Di kedua sisinya memiliki 50 bintang melingkari gambar utama sebagai penanda 50 tahun kemerdekaan Indonesia. 

Uang yang diterbitkan tahun 1995 ini berbahan daar emas dengan kadar 23 karat dan memiliki berat 50 gram. Serta memiliki diameter 33 mm dengan ketebalan 2,78 mm lewat teknik cetak proof.

 

Koin Emas Nominal Rp300 Ribu

Sementara itu, koin terbuat dari emas dengan nominal Rp300 ribu memiliki gambar muka teks Bank Indonesia dengan tahun penerbitan pada 1995. Sedangkan gambar belakang terdapat gambar Temu Wicara Presiden RI Soeharto dengan masyarakat Indonesia. 

Ada juga Logo DHN-45, di mana penanda kerja sama Bank Indonesia dengan DHN'45 untuk menerbitkan uang Rupiah Khusus seri 50 tahun kemerdekaan RI. Serta untaian 50 butir padi melingkar dan teks 50 tahun RI. 

Pada bagian sampingnya, terdapat lima buah garis di empat tempat berbeda, logo Perum Peruri, teks 17 g, serta seri terdiri dari 5 angka. Uang ini berbahan dasar emas dengan kadar 23 karat dan berat 17 gram.

#ElevateWomen 

What's On Fimela
Loading