Sukses

Lifestyle

4 Jenis Ketakutan Ini Dimiliki Hampir Semua Orang, Kamu Juga Punya?

Fimela.com, Jakarta Tiap orang punya rasa takut. Masing-masing dari kita punya ketakutan tersendiri dalam keseharian dan menjalani hidup. Bahkan rasa takut menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup kita.

Hanya saja kadanag kita merasa cemas atau gusar berlebihan saat merasa takut. Namun, orang yang merasa takut bukan hanya kamu seorang. Kita semua punya rasa takut dalam menjalani hidup. Mengutip buku How to Respect Myself, ada empat jenis rasa takut yang dimiliki oleh hampir semua orang. Kamu pun mungkin memiliki ketakutan-ketakutan ini.

1. Takut Mati

Mobil berhenti karena macet tapi kamu sudah membayangkan bagaimana jika mati di dalam terowongan dan sendirian. Sedang memasak di dapur lalu kamu takut tiba-tiba ada kompor meledak dan membuatmu meninggal di tempat. Pernah merasakan ketakutan semacam itu? Bagi orang-orang yang mengidap gangguan panik, rasa takut seperti ini bisa membuat hipokondria langsung mengalami reaksi katastrofe saat berdebar-debar atau sesak napas. Rasa takut ini umum dimiliki setiap manusia sebab setiap kehidupan pasti akan disertai dengan kematian.

2. Takut Gagal

Wajar jika takut gagal sebab kita ingin melakukan yang terbaik dalam hidup. Hanya saja memang kadang ketakutan ini terus membayangi atau bahkan menghantui kita. Pernah gagal dalam ujian, meski baru sekali kita langsung membayangkan akan gagal selamanya. Gagal mengerjakan sebuah proyek pekerjaan kita langsung takut mengalami kegagalan yang lebih besar, padahal kita belum melakukan apa-apa. Perasaan takut gagal ini wajar kita alami, dan sebenarnya tak perlu terlalu mengkhawatirkannya selama kita bisa senantiasa mengenal diri kita dan melakukan upaya terbaik dalam setiap kegiatan atau aktivitas kita.

3. Takut Berpisah

Perpisahan memang tak menyenangkan. Entah itu perpisahan dengan benda kesayangan, hewan peliharaan, pasangan, keluarga, atau pekerjaan. Ada kepingan yang hilang setiap kali terjadi perpisahan, dan kita tak ingin kehilangan kepingan yang sangat berharga itu.

4. Takut Kehilangan Pesona Diri

Siapa yang tidak ingin awet muda selamanya? Siapa yang tak ingin memiliki kulit wajah bebas keriput selamanya? Muncul satu uban, kita sudah merasa kehilangan masa muda. Pertambahan usia memang bukan hal yang bisa kita cegah atau kita tolak. Frustrasi terhadap pesona diri memang bisa menghadirkan ketakutan tersendiri, tetapi kita perlu tetap berupaya menerima realitas yang tak bisa kita tolak.

Banyak di antara kita yang merasakan ketakutan-ketakutan di atas, dan rasanya wajar kita memiliki rasa takut tersebut. Sebab dengan hadirnya rasa takut tersebut kita akan terdorong untuk melakukan yang terbaik dalam hidup agar bisa membuktikan bahwa kita punya makna di hidup ini.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading