Sukses

Lifestyle

Terapkan 5 Tips Tekun, Gigih dan Fokus Ini Supaya Bisa Jadi Orang Sukses

Fimela.com, Jakarta Sebuah kesuksesan menjadi tujuan setiap orang di seluruh penjuru dunia ini. Jangan khawatir jika berbagai rintangan dan tantangan akan dihadapi dalam berproses. Karena, tak jarang berbagai kiat-kiat sukses dengan membaca ribuan buku, mengikuti seminar dan cara lainnya agar bisa menjadi orang pintar dan sukses. Namun hingga kini kesuksesan tak kunjung datang di kehidupan.

Perlu diketahui, dalam meraih kesuksesan ada beberapa sifat yang harus dimiliki disertai dengan memegang prinsip. Tanpa hal itu, tentu menggapai sukses akan menjadi sulit. Lantas, apa saja sifat ataupun prinsip yang harus dimiliki seseorang? Jawabannya adalah tekun, gigih dan fokus.

Apabila berpegang teguh pada prinsip tersebut, maka sukses akan dengan mudah dan praktis untuk diraih. Berikut tips tekun, gigih serta fokus yang menjadi salah satu cara agar orang bisa sukses dan pintar yang Fimela rangkum dari Entrepreneur.com, Jumat (10/12).

1. Menetapkan Tujuan atau Goals

Cobalah untuk membagi hari menjadi beberapa tujuan dengan jelas. Anggap ini menjadi sebuah daftar tugas harian yang diprioritaskan secara rinci.

 Memiliki daftar tugas atau kegiatan merupakan alat yang terbukti paling sederhana dan termudah untuk memastikan seseorang bisa fokus dan tekun dalam mengerjakan sesuatu. Selain itu, tetapkan target di setiap harinya. Caranya mudah, hanya perlu mengatur kegiatan, tugas atau target tersebut dengan mencatatnya di buku ataupun smartphone.

2. Menetapkan dan Mematuhi Waktu

Menunda-nunda pekerjaan menjadi suatu kebiasaan yang buruk. Hal ini harus diperhatikan dan diubah. Tenggat waktu alias deadline bisa menjadi cara yang sangat bagus untuk mengendalikan penundaan. Sebaiknya menetapkan waktu jangan terlalu dipaksakan, sebab apa pun yang dipaksakan membuahkan hasil yang tidak baik.

Setelah membuat tenggat waktu, maka mematuhinya menjadi hal yang wajib. Jangan sampai ini tertunda lagi hingga melewati tenggat waktu yang telah ditentukan.

3. Melatih Otak untuk Melakukan Pekerjaan yang Mendalam

Untuk menjadi orang yang fokus, gigih dan tekun, seseorang perlu melatih otaknya saat melakukan pekerjaan yang mendalam. Ini merupakan kemampuan untuk menghasilkan pekerjaan yang maksimal dan optimal.

Mungkin hal ini terdengar mudah, namun sebagian orang masih jarang melakukannya. Cobalah untuk menyisihkan beberapa jam di setiap harinya dan fokus terhadap satu tugas tanpa gangguan. Jika menerapkan tips ini tentu akan memungkinkan seseorang dalam melatih kekuatan otak dan membuat kemajuan yang signifikan.

4. Jauhkan Gadget

Nyatanya, ponsel ataupun gadget lainnya dapat mengalihkan fokus seseorang. Demi menjadi orang sukses, fokus bisa menjadi salah satu kuncinya. Sebauh penelitian menemukan bahwa warga Amerika Serikat setidaknya menghabiskan 5 jam sehari untuk bermain ponsel yang setengahnya mereka gunakan untuk aplikasi media sosial dan hiburan.

Oleh karena itu, jauhkan gadget atau ponsel dalam jangka waktu tertentu atau setidaknya mematikan notifikasi. Dengan demikian, seseorang bisa mendapatkan produktivitas dan fokusnya kembali.

5. Ambil Istirahat

Istirahat dapat menjadi salah satu strategi yang memberikan manfaat luar biasa bagi otak seseorang. Tak perlu lama, bahkan istirahat sejenak pun dapat mendorong kreativitas dan inspirasi muncul.

Mengambil istirahat sejenak dari pekerjaan akan memungkinkan pikiranmu untuk mengatur ulang dan mengembalikan motivasi. Ketika merasa lelah, coba untuk menjauh dari meja kerja selama beberapa menit dan lakukan peregangan ataupun berjalan-jalan di luar rumah.

Sahabat Fimela, jangan terlalu memaksakan otak dan pikiran untuk meraih kesuksesan. Bersabar dan terapkan tips-tips diatas untuk menjadi tekun, gigih serta fokus dalam proses menjadi seorang yang pintar dan sukses.

Penulis: Atika Riyanda Roosni

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading