Sukses

Lifestyle

5 Cara Sederhana Membahagiakan Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Mungkin kita terlalu sibuk untuk membahagiakan orang lain sehingga kita lupa untuk mengusahakan kebahagiaan kita sendiri. Padahal, kebahagiaan sendiri adalah hal yang penting dan tak bisa dilupakan begitu saja. Percuma saja kamu terlihat tertawa setiap hari padahal hatimu menangis, tapi kamu selalu berusaha terlihat tegar agar semuanya baik-baik saja.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membahagiakan diri sendiri dan cara ini bisa dipraktikkan oleh siapa saja.

1. Melakukan satu hal baik untuk diri sendiri setiap hari

Banyak hal baik yang bisa kamu lakukan untuk diri sendiri, misalnya bersantai, membaca buku, melakukan hobi, memanjakan diri dan sebagainya. Dengan berkomitmen untuk melakukan hal-hal baik pada diri sendiri, kamu akan merasakan kebahagiaan setiap harinya. Ini juga bentuk dari mencintai diri sendiri.

2. Mendengarkan kata hati

Kita sering menekan kata hati kita dan lebih mendengarkan kata orang lain. Biasanya karena kita tidak percaya diri atau selalu menganggap pikiran kita tidak lebih baik dari pikiran orang lain. Jika kita tidak bisa mendengar kata hati kita, kita tidak akan pernah merasa bebas bahkan tidak akan merasakan bagaimana rasanya menjadi diri sendiri.

3. Memaafkan diri sendiri

Salah satu cara paling ampuh untuk membahagiakan diri sendiri adalah memaafkan kesalahan kita. Kebanyakan kita mudah menyalahkan diri sendiri atas kesalahan kecil yang kita lakukan, karena kita selalu menuntut diri kita menjadi sempurna. Mencintai diri sendiri berarti menerima apapun yang ada dalam dirimu, baik itu kelebihan atau kekurangan.

4. Menerima dirimu apa adanya

Menerima dirimu apa adanya, artinya kamu sudah berdamai denga sifat, potensi bahkan kelebihan dan kekurangn yang kamu miliki. Jika kamu sudah menerima dirimu apa adanya, kamu tidak akan mudah sedikit-dikit mengkritik diri sendiri atau memaksakan sesuatu di luar batas kemampuanmu yang dapat menyusahkan dirimu sendiri.

5. Tinggalkan orang yang beracun

Jangan mau didominasi oleh orang yang beracun, karena kamu berhak bahagia. Tinggalkan orang yang merugikanmu, entah itu di kantor, kampus bahkan di lingkungan sosialmu. Jangan pernah takut untuk dibenci, dijauhi apapalgi tak memiliki teman. Karena lebih baik memiliki sedikit teman tapi berkualitas daripada punya banyak teman tapi tidak ada yang tulus.

Membahagiakan diri sendiri bukan berarti bersikap egois sehingga kamu bisa melakukan segala cara untuk mendapatkan kebahagiaan. Tetapi, ini adalah cara untuk mendapatkan hidup yang berkualitas agar menjaadi orang yang sehat dan bahagia secara fisik maupun mental.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading