Sukses

Lifestyle

7 Aktivitas Menyenangkan yang Bisa Bantu Menstabilkan Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik tubuh. Ketika mulai merasa jenuh, bosan, atau dilanda rasa cemas berlebihan, kita bisa mulai mencoba melakukan aktivitas yang menyenangkan. Beraktivitas secara positif bisa bantu menstabilkan kesehatan mental.

Ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dicoba, dan kali ini Fimela hadirkan rekomendasi tujuh aktivitas dan hobi yang bisa dicoba untuk bantu memperbaiki suasana hatimu. Selengkapnya, langsung saja simak di sini.

1. Membaca Buku

Lelah disibukkan dengan aktivitas sehari-hari dengan beban pekerjaan yang banyak, membuat kita rentan stres. Bahkan ketika hendak tidur, mungkin masih terpikirkan dengan masalah yang akan mengganggu tidur malam. Untuk mengurangi rasa stres tersebut dapat dilakukan dengan membaca buku sebelum tidur. Membaca buku bisa mempertajam daya ingat sekaligus membuat kita menemukan kenyamanan dalam diri.

2. Olahraga Aerobik

Berbagai jenis olahraga memiliki manfaat positif untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Olahraga aerobik bisa membuat pikiran terasa lebih segar. Mengutip buku Hello, Habits, John Ratey yang merupakan seorang guru besar psikiatri dari Harvad Medical School menjelaskan bahwa olahraga bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi otak. Dalam buku yang ia tulis, Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain, ia mengemukakan secara gamblang bahwa olahraga membuat kita merasa segar kembali karena darah terpompa, menyebabkan otak melakukan fungsinya yang terbaik.

3. Memasak

Saatnya untuk mencoba resep baru atau membuat eksperimen baru pada resep favorit. Untuk para pemula sekali pun, memasak bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Tak hanya meningkatkan kemampuan memasak tapi juga membuat kita makin bersemangat untuk memiliki pola makan yang lebih sehat.

4. Menulis Jurnal

Menulis jurnal dapat meredakan stres bagi siapa saja. Menulis jurnal adalah cara yang bagus untuk memproses emosi atau melatih pikiran untuk fokus pada hal positif. Jurnal membawa beberapa manfaat kesehatan dan manajemen stres yang dibuktikan oleh penelitian. Menulis jurnal bisa membantu kita untuk lebih mudah dalam memproses dan menguraikan kerumitan masalah yang ada di benak kita.

5. Hiking atau Mendaki

Jika menyukai kegiatan di luar ruangan, bisa coba aktivitas mendaki. Tak harus mendaki gunung tinggi. Sekadar menikmati udara segar di bukit terdekat bisa sangat baik untuk kesehatan kita. Melansir laman life.laserway.com, mendaki meningkatkan stamina fisik dan kondisi otot-otot inti tubuh kita. Bonusnya, mendaki juga bisa melepas stres.

6. Terlibat Aktivitas Sukarela

Menjadi sukarelawan bisa meningkatkan partisipasi kita dengan masyarakat sekitar. Menurut laporan Harvard Health Blog, orang yang memberikan waktunya untuk orang lain akan mendapat kesehatan fisik yang lebih sehat. Termasuk tekanan darah rendah dan peluang usia yang lebih panjang. Menjadi sukarelawan atau terlibat dalam aktivitas sukarela bisa jadi hobi yang memberi dampak positif luar biasa untuk kondisi kesehatan kita.

7. Melakukan Hal yang Disukai Sendirian

Melansir laman inc.com, berdasarkan penelitian berjudul Solitude: An Exploration of Benefits of Being Alone, ditemukan bahwa orang-orang yang meluangkan waktu untuk menyendiri cenderung lebih bahagia. Mereka melaporkan bisa memiliki kepuasan hidup yang lebih baik, serta memiliki kadar stres yang lebih rendah. Mau nonton film di bioskop sendirian, menikmati kopi sendirian di kafe, atau sekadar menghabiskan waktu menjelajah tempat baru seorang diri, bisa jadi salah satu cara untuk bantu menghadirkan kenyamanan dalam dirimu.

Jadi, kegiatan apa yang sepertinya bakal kamu coba atau cocok denganmu? Semoga info ini bermanfaat, ya!

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading