Sukses

Lifestyle

Merasa Melankolis saat Hidup Tampak Baik-Baik Saja, Harus Bagaimana?

Fimela.com, Jakarta Pernahkah merasa melankolis tanpa tahu sebabnya? Hidup yang dijalani tampak baik-baik saja. Tak ada masalah besar atau hal yang terlalu mengganggu pikiran. Hanya saja perasaan melankolis yang hadir terasa cukup menyesakkan.

Hari-hari yang dijalani pun tidak terasa menarik. Ada rasa jemu yang membayangi keseharian. Kalau kamu pernah merasakan hal ini, ketahui bahwa kamu tidak sendirian. Banyak di antara kita yang sering menjumpai atau mengalami situasi merasa melankolis di saat hidup tampak baik-baik saja.

Melakukan Hal-Hal yang Bisa Mengubah Suasana Hati

Mengutip buku Hello, Habits ada kalanya kita merasa agak melankolis, meskipun hidup kita sangat membahagiakan. Lalu, apa yang harus dilakukan saat merasakan hal ini? 

Pada saat-saat seperti itu, kita bisa melakukan hal-hal yang dapat mengubah suasana hati. Fumio Sasaki menyarankan untuk membuat "daftar solusi". Daftar solusi yang dia maksud adalah daftar hal-hal yang dengan sengaja dilakukan untuk mengatasi stres dengan cara yang disukai. 

"Daftar solusi saya mencakup jalan-jalan santai, menikmati keindahan pepohonan, tanah yang subur, dan pemandangan alam; membuat api unggun; mengendarai mobil; menonton film di bioskop. Kadang saya ingin pergi ke tempat yang jauh. Meskipun saya sedang tidak tertarik untuk melakukannya, saya dapat merasakan kepuasan dan nyaman jika bepergian," tulis Fumio.

Saat sedang merasa melankolis, ada kecenderungan untuk tidak ingin melakukan apa-apa. Tapi kalau kondisi makin tak nyaman saat tak melakukan apa-apa, maka bisa coba terlibat dalam kegiatan yang energetik.

Ketika kita merasa makin tidak nyaman saat hanya berbaring dan tidak melakukan apa-apa, maka cobalah untuk melakukan sebuah aktivitas. Efek Sechenov menunjukkan bahwa kita dapat menenangkan perasaan dengan lebih baik dan memperbaiki kegiatan mental jika kita terlibat dalam kegaitan energetik. 

Semoga kita bisa menjalani dan mengisi hari-hari kita dengan hal-hal yang lebih baik dan menyenangkan, ya. 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading