Sukses

Lifestyle

5 Tips agar Tidak Mudah Marah dan Lebih Sabar

Fimela.com, Jakarta Marah adalah reaksi tubuh yang muncul saat kita merasa tidak nyaman, sedih atau kecewa. Marah adalah hal normal yang terjadi pada setiap orang. Saat marah, kita sering tidak berpikir panjang sehingga meluapkan emosi dengan berkata atau bertindak kasar, bahkan menyakiti diri sendiri.

Daripada menyesal, ini cara yang bisa kamu lakukan untuk meredam rasa marah dan jika dibiasakan maka kamu akan pandai mengelola emosi dengan baik.

1. Berpikir sebelum berbicara

Saat marah, kita sering berpikir pendek dan mudah mengatakan sesuatu yang nantinya akan kita sesali. Luangkan waktu untuk berpikir bila perlu hindari sesuatu yang membuatmu marah. Saat merasa pikiranmu sudah tenang, baru kamu boleh berbicara.

2. Tenangkan diri

Saat marah, jangan langsung luapkan emosimu. Coba berhitung hingga seratus, jika kamu masih belum merasa tenang, pergi dan cari tempat yang sepi. Seteleh itu, ungkapkan apa yang membuatmu marah tetapi tetap dengan cara yang baik agar tidak menyakiti orang lain.

3. Tidur

Bagaimana mungkin bisa tidur saat sedang emosi? Tentu saja sulit membayangkannya. Saat marah, cobalah untuk diam terlebih dahulu, jika masih marah, coba duduk, dan jika masih marah cobalah berbaring untuk menenangkan diri. Walaupun kamu tidak terlelap, dengan berbaring itu bisa menurunkan tekanang jantung dan aliran darah. Sehingga kamu juga lebih rileks.

4. Gunakan humor untuk mereda kemarahan

Misalnya saat kamu merasa marah dengan pesan singkat yang dikirim seseorang, jangan langsung tuangkan emosimu dengan berkata kasar atau marah-marah di media sosial. Tapi balas dengan santai dan emoticon tertawa di akhir pesanmu. Bagaimanapun, humor setidaknya bisa meredakan emosi seseorang. 

5. Belajar memaafkan

Memaafkan seseorang adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan kemarahan dalam diri kita. Memaafkan bisa mengubah perasaan negatif menjadi positif, yang membuat perasaan lebih nyaman dan memperkuat hubungan. Selain itu, menyimpan dendam juga tak ada gunanya sama sekali.

Marah adalah emosi yang normal yang bisa muncul karena rasa ketidakadilan, sedih, kecewa dan sebagainya. Tetapi, marah bukanlah alasan yang membuat kita jadi bisa bertindak seenaknya tanpa memikirkan perasaan orang lain. Karena hampir sebagian besra orang yang suka meluapkan emosinya saat marah, pasti akan menyesal di akhir.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading