Sukses

Lifestyle

5 Doa Supaya Anak Pintar dan Cerdas

Fimela.com, Jakarta Semua orangtua pasti mendambakan anak yang pintar dan cerdas, karena kepintaran akan membantu anak tak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga menyelesaikan masalah dan memudahkan mereka dalam beraktivitas sehar-hari.

Selain dengan belajar dan memenuhi asupan nutrisinya, orangtua juga bisa mengamalkan beberapa doa supaya anak pintar. Beberapa doa ini juga bisa diajarkan langsung pada anak agar mereka bisa mengamalkannya sendiri.

BACA JUGA: Cara Meningkatkan Intelektual Dan Penalaran Agar Cerdas

1. Doa supaya anak pintar:

Allahummam la’ quluuba aulaadinaa nuuran wa hikmatan wa ahlihim liqabuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya: “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hambamu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka”.

2. Doa supaya anak cerdas:

Allahummaj ‘alhu shahihan kaamilan wa ‘aqilan hadziqan wa ‘aliman ‘aamilan.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah dia anak yang sehat, sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal”.

Doa yang Bisa Diajarkan pada Anak

3. Doa agar mudah paham pelajaran:

Robbi zidni’ ilmaa, warzuqni fahma waj’alnii minash shoolihin”

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh."

4. Doa agar tidak mudah lupa:

Allahumma inni istaudi’uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya ‘inda haajati ilahi walaa tansaniihi yaa robbal ‘aalamin”.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya. Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam.”

5. Doa sebelum membuka kitab dan buku

Bismillahi, subhanallahi walhamdu lillahi wa la ilaha illallahu wallaahu akbaru wa la hawla wa la quwata illa billahil 'aliyyil 'adhimi 'adada kulli harfin kutiba aw yuktabu abadal abidin wa dahrad dahirina ya rabbal 'alamin.

Artinya: " Maha Suci Allah, dan segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan melainkan Allah dan Allah Maha Besar. Tiadalah daya dan kekuatan melainkan daya dan kekuatan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar, sebanyak setiap huruf yang telah ditulis (oleh manusia) atau yang akan ditulis, terus menerus selama berkekalan kurun dan berterusan masa, wahai Tuhan semesta alam."

Ada juga beberapa doa yang bisa dikerjakan diamalkan orangtua agar anak dikaruniai kecerdasan, yakni: surat Al-Fatihah, lima ayat pertama surat Al-Baqarah, Ayat Kursi, tiga ayat terakhir surat Al-Baqarah dan Al-Ikhlas sebanyak tiga kali. Beberapa doa tersebut diutamakan dibaca setelah selesai salat fardu.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading