Sukses

Lifestyle

5 Perilaku Toxic yang Sering Kita Lakukan pada Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Semua orang ingin menjadi sukses, dianggap baik orang lain dan selaku berhasil dalam segala hal. Hidup yang ideal adalah keingian semua orang. Sayangnya, untuk mewujudkan semuanya terkadang kita terlalu keras pada diri sendiri hingga melakukan perilaku toxic yang bisa membuat hidup kita malah semakin buruk.

Berikut ini beberapa perilaku toxic yang sering kita lakukan pada diri sendiri dan sebaiknya dijauhi.

1. Terlalu kritis pada diri sendiri

Terkadang, kita menuntut diri kita untuk menjadi lebih baik hingga terlau keras pada diri sendiri. Kita selalu mendorong diri sendiri untuk bekerja secara maksimal dan tidak mentolerir kesalahan sedikitpun. Akhirnya, kita menyakahkan dan mengkiritik diri sendiri habis-habisan. Ini adalah perilaku beracun yang bisa membuat hidup kita terbebani.

2. Suka membandingkan diri dengan orang lain

Saat merasa diri kita tidak sebaik orang lain, mudah bagi kita untuk membandingkan diri. Padahal, setiap orang diberi kelebihannya masing-masing dan tidak pernah ada orang yang sempurna. Jadi, membandingkan diri itu percuma. Daripada membandingkan diri dengan orang lain, lebih baik fokus dan kembangkan potensi yang kamu miliki.

3. Meragukan diri sendiri

Kita semua pasti ingin sukses, tapi belum berusaha sudah tidak yakin pada diri sendiri, takut gagal lah, takut disalahkan lah. Ini adalah pikiran negatif dalam diri kita yang tidak akan membuat kita berkembang. Jadi, buang jauh-jauh pikiran seperti ini dan bebaskan dirimu dalam bermimpi.

4. Menunda pekerjaan

Menunda pekerjaan juga merupakan tindakan beracun yang sering kita lakukan. Kita suka menunda pekerjaan dengan alasan, masih banyak waktu, itu hanya pekerjaan ringan yang bisa diselesaikan dengan mudah dan sebagainya. Padahal, kebiasaan itu hanya akan menyusahkan kita nantinya.

5. People pleasing

Kita terlalu memprioritaskan kebahagiaan orang lain dibanding kebahagiaan kita sendiri. Walaupun kamu akan dicap sebagai orang yang baik, tapi kamu tak akan bisa menjadi diri sendiri, mudah dimanipulasi orang lain bahkan tidak bahagia dengan hidupmu sendiri. Boleh-boleh saja memikirkan orang lain, tetapi jangan sampai lupa dengan kebutuhanmu sendiri.

Beberapa perilaku toxic yang juga sering kita lakukan lainnya ialah, berbicara negatif pada diri sendiri, terlalu perfeksionis, pola hidup yang tidak sehat, overthinking dan sebagainya. Jadi, kalau ingin bahagia jauhi kebiasaan di atas.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading