Sukses

Lifestyle

5 Cara Menghargai Diri Sendiri agar Bebas Insecure

Fimela.com, Jakarta Kita selalu ingin dihargai orang lain, tetapi kita sendiri suka lupa untuk menghargai diri sendiri. Bahkan kita sering melakukan kebiasaan yang merendahkan diri sendiri, misalnya menyalahkan, mengkritik dan berbicara negatif pada diri sendiri.

Kalau selama ini kita masih kurang menghargai diri sendiri, coba lakukan beberapa hal berikut ini.

1. Melakukan sesuatu yang baik untuk tubuh

Melakukan sesuatu yang baik untuk tubuh artinya menerapkan pola hidup yang sehat, makanan makanan yang sehat, merawat diri dan berolahraga. Terkadang kita terlalu sibuk hingga lupa menjaga tubuh sendiri sehingga makan sembarangan, tidak pernah olahraga bahkan jalan-jalan. Menjaga tubuh adalah salah satu cara yang akan membuat hidup kita bahagia dan berkualitas.

2. Buat dirimu merasa nyaman

Meghindari stres dan melakukan hal yang kamu sukai adalah beberapa cara membuat tubuh dan pikiran merasa nyaman. Jika kamu merasa lelah berlebih atau ada masalah mungkin kamu bisa pergi berlibur ke suatu tempat, curhat dengan seseorang atau menikmati makanan yang kamu suka.

3. Berbicara positif pada diri sendiri

Semua orang pasti memiliki salah dan kekurangan, tetapi kamu tak perlu merasa rendah dengan kekurangan yang kamu miliki apalagi hingga mengkritik diri habis-habisan. Jadi, biasakan berbicara positif pada diri sendiri dan yakin pada kemampuanmu dengan begitu kamu akan jadi orang yang lebih positif dan optimis.

4. Mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri bisa dalam bentuk banyak hal, termasuk menerima kelebihan dan kekuranganmu. Kalau kamu sudah menerima kelebihan dan kekurangan dalam dirimu, kamu tak perlu membandingkan diri dengan orang lain. Sehingga, kamu bisa fokus pada dirimu sendiri dan mengembangkan potensi yang kamu miliki.

5. Memaafkan diri sendiri

Kita terbiasa meminta maaf pada orang lain tapi lupa untuk meminta maaf pada diri sendiri. Jika kamu memiliki kesalahan di masa lalu atau hal yang tak membanggakan, maka maafkanlah dirimu atas hal itu. Dengan memaafkan diri sendiri, itu akan membuat hati kita lebih lapang dan menyadari bahwa kita hanyalah maanusia biasa yang rentan melakukan kesalahan.

Kita perlu belajar untuk menghargai diri sendiri, karena dengan hal itu kita akan belajar untuk mengembangkan kepercayaan diri dan lebih mencintai diri sendiri. Sehingga hidup juga akan lebih bahagia.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading