Sukses

Lifestyle

Strategi Sederhana Mengatasi Rasa Malu yang Sering Dirasakan

Fimela.com, Jakarta Saat rasa malu hadir, ada rasa tidak nyaman yang akan kita alami. Bahkan rasa malu bisa menghambat kita untuk melakukan hal-hal baru atau melangkah lebih jauh ke depan. Tak hanya itu saja, rencana yang sudah dibuat sejak lama bisa gagal begitu saja ketika kita merasa malu untuk mengeksekusi rencana tersebut.

Cara mengatasi rasa malu bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Tak hanya itu saja, tiap orang bisa memiliki proses dan membutuhkan waktu yang berbeda untuk mengatasi rasa malu. Bagi yang saat ini kesulitan menghadapi rasa malu yang sering menghampiri, ada sebuah strategi sederhana yang bisa dicoba.

Pahami bahwa Sifat Pemalu Ini Alamiah

Ada yang menarik terkait bahasan sifat pemalu di buku Genom. Dijelaskan dalam suatu kelompok pengobatan yang terdiri atas tiga orang, setelah membaca perihal hasil baru yang datang dari genetika, beralih dari berusaha mengobati sifat pemalu klien mereka ke mencoba membuat mereka puas dengan apa pun kecenderungan bawaan yang ada. Mereka menemukan bahwa upaya itu berhasil.

Para klien merasa lega ketika diberitahu bahwa kepribadian mereka adalah suatu bagian yang nyata dan bawaan pada mereka, bukan dari kebiasaan keliru yang telah mereka ambil. Terkait dengan rasa malu, pahami bahwa sifat pemalu itu alamiah. 

Bila kamu sering merasa malu hingga kewalahan menghadapinya, pahami lebih dulu bahwa rasa malu itu alamiah. Wajar merasa malu ketika berada di situasi baru atau berhadapan dengan kondisi yang tak biasa. Untuk bisa mengatasi rasa malu, maka langkah awal yang perlu diambil adalah pahami bahwa rasa malu yang kamu rasakan itu wajar. 

Terima rasa malu yang kamu rasakan. Cari tahu akar penyebabnya, lalu perlahan ambil solusi atau jalan keluar terbaik untuk bisa membuatmu kembali tenang. 

Bahkan orang yang tampak selalu percaya diri di atas panggung bisa saja telah menjalani proses panjang untuk bisa berdamai dengan rasa malu yang sebelumnya sering dirasakan. Ada latihan berulang kali yang ia lakukan untuk bisa tampil percaya diri.

Jadi, kalau kamu sering merasa malu, pahami bahwa perasaanmu itu valid. Yang kamu rasakan itu alamiah, maka tak perlu langsung panik saat merasakannya, ya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading