Sukses

Lifestyle

Orang yang Punya Sikap Ini, Sulit Merasa Bahagia dalam Hidupnya

Fimela.com, Jakarta Tiap orang ingin bahagia. Kita semua pasti ingin menjalani kehidupan ini dengan penuh kebahagiaan. Semakin kita dewasa kita pun semakin menyadari bahwa kebahagiaan adalah tanggung jawab sendiri. 

Orang yang punya peran penting untuk membuatmu bahagia adalah dirimu sendiri. Hanya saja yang sering tidak disadari, orang yang paling sering menghambatmu merasa bahagia juga dirimu sendiri. Apalagi kalau kamu terus menerus bergantung pada orang lain, maka sulit bagimu untuk merasa bahagia.

Selalu Menyalahkan Orang Lain Membuatmu Sulit Bahagia

Sikap selalu menyalahkan orang lain akan membuatmu sulit bahagia dalam menjalani hidup. Mengutip buku How to Respect Myself, ada istilah psikologi yang disebut projection. Istilah ini mengacu pada sikap mekanisme pertahanan seperti "Aku tidak bahagia karena anakku tidak masuk universitas" atau "Aku merasa suram karena bertemu dengan suami yang jelek". 

"Kita tidak akan pernah bisa bahagia jika terus menerus menyalahkan orang lain dan tidak menyadari bahwa kita sedang bergantung pada orang yang bermasalah," tulis psikiater Yoon Hong Gyun dalam bukunya, How to Respect Myself.

Sikap hanya menyalahkan orang lain bakal membaut kita tak bisa bahagia. Kalau kita mendefinisikan kebahagiaan sebagai sesuatu yang bisa kita dapat karena orang lain, maka ketika kita merasa tidak  bahagia kita akan menyalahkan orang lain. Sikap seperti itu tidak akan memperbaiki apa pun, malah hanya akan membuat kita makin merasa kesal.

Kalau selama ini kita sering merasa sulit bahagia, mungkin ini karena masih ada kecenderungan menyalahkan orang lain yang ada di benak kita. Saatnya untuk kembali menyadari dan berproses untuk menciptakan kebahagiaan dengan cara yang paling nyaman untuk kita sendiri. Tak perlu menuntut orang lain untuk selalu membuat kita bahagia. 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading