Sukses

Lifestyle

7 Penyebab HP Gampang Panas yang Membuat Tidak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Handphone yang sering panas terjadi kerena terlalu sering digunakan atau terlalu banyak applikasi yang aktif. Hp yang kamu gunakan juga akan terlalu panas karena terdapat malware (perangkat lunak) yang bekerja tidak seperti biasanya atau terpapar sinar matahari secara langsung, meskipun hal ini normal jika berkelanjutan akan menandakan masalah yang lebih.

Penggunaan applikasi yang berat tentu akan membuat hp gampang panas. Jika hp panas maka akan membuatnya lebih lambat dalam menjalankan proses applikasi. Tentu ketika hp panasa berlebihan dapat menjadi gejala kerusakan internal, masalah perangkat lunak, atau malware.

Ketika hp panas tentu sangat tidak menyenangkan untuk dipegang, meskipun hp yang panas akan pulih dengan sendirinya. Untuk itu perlu mencari tahu apa penyebab hp panas yang sering menganggu:

1. Bermain Game Terlalu Lama

Banyaknya game yang ditawarkan di applikasi tentu akan membuat kita tergiur untuk mendownloadnya. Namun, applikasi game akan berintensitas tinggi untuk menggunakan inti pemrosesan pada pusat handphone kamu, tentu bermain game yang terlalu lama akan membuat hp kamu cepat panas.

2. Streaming

Menonton YouTube atau Netflix selama berjam-jam adalah cara lain untuk membuat prosesor kamu bekerja terlalu keras. Streaming konten atau menonton film juga harus membuat handphone kamu memuat data video dan membuat layar tetap aktif dalam waktu yang lama.

3. Pengaturan yang Tidak Optimal

Kecerahan layar kamu mungkin sangat maksimal atau menggunakan wallpaper animasi dengan widget. Kamu dapat mencoba latar belakang statis dan membiarkan ponsel secara otomatis serta menyesuaikan kecerahan layar agar sesuai dengan lingkungan. Hal ini terkadang akan meringankan beban CPU dan menjaga suhu ponsel tetap rendah.

4. Applikasi yang Tak Terpakai

Jika applikasi memiliki bug atau masalah lain, hal ini akan menyebabkan peningkatan suhu ponsel dan menggunakan prosesor perangkan secara berlebihan. Menjaga applikasi dan sistem operasi yang diperbarui sangatlah penting karena pembaruan sering menyertakan perbaikan bug. Setelah handphone melakukan pembaharuan maka akan memiliki kinerja yang lebih baik dan jarang kepanasan.

5. Pembaruan Perangkat Lunak

Telepon mungkin akan terlalu panas selama atau tepat setelah melakukan pembaruan. Hal ini bisa terjadi karena terdapat bug di OS yang memerlukan perbaikan melalui pembaruan dan memerlukan peningkatan daya saat ini.

6. Faktor Lingkungan

Memainkan handphone saat di luar dan di bawah sinar matahari atau di dalam mobil tentu akan membuatnya menjadi semakin panas. Selain itu paparan sinar matahari dan panas, juga akan menyebabkan handphone terlalu panas.

7. Baterai, Kabel, atau Pengisi Daya yang Rusak

Ternyata hal ini lebih berbahay dari apa yang kamu kira. Baterai, kabel, dan pengisi daya yang rusak dapat membuat hp cepat panas dan membuatnya ketingkat yang berbahaya. Perlu kamu tahu bahwa tidak semua pengisi daya dibuat dengan tingkat kualitas yang sama, yang berarti dapat membuat ponsel terlalu panas.  

Penggunaan hp yang berlebihan juga tidak baik untuk kamu karena dapat mempengaruhi kesehatan. Tentu ketika kamu tahu beberapa penyebab yang dapat membuat hp cepat panas, maka harus lebih berhati-hati dalam menggunakan handphone. Hindari penggunaanh saat panas atau hapus applikasi yang tidak terpakai agar hp lebih terawat dengan baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading