Sukses

Lifestyle

6 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Mencari Rumah Idaman

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tentu memiliki rumah idaman dengan kriteria tertentu. Harapannya, rumah idaman bisa terwujud di masa depan.

Pertimbangan orang untuk membeli rumah pun juga beragam. Bisa karena memang membutuhkan tempat tinggal untuk keluarga baru hingga investasi.

Apapun tujuan seseorang membeli rumah, ada beberapa hal yang tidak boleh terlewatkan. Berikut enam faktor yang harus dipertimbangkan saat mencari rumah idaman.

1. Lokasi

Lokasi menjadi faktor utama yang harus kita pertimbangkan. Calon pembeli harus mencari tahu apakah lokasi rumah dekat dengan pusat kota, tempat kerja, dan sarana transportasi. Pastikan juga lokasi rumah tidak menjadi langganan banjir saat musim hujan. Lakukan riset sedetail mungkin agar bisa menghindari kerugian di masa depan.

 

2. Harga

Poin ini cukup subjektif bagi setiap orang. Artinya, menyesuaikan dengan kemampuan pembalinya. Meski demikian, kamu harus mengetahui standar harga properti sesuai dengan pasar. Terutama pada rumah bekas, apakah harga yang tawarkan wajar.

3. Fasilitas

Beberapa hunian mungkin akan menawarkan fasilitas privat seperti area perumahan klaster, townhouse, atau apartemen. Kamu perlu mencari tahu apakah fasilitas tersebut benar-benar tersedia, jangan sampai tertipu informasi yang ada di iklan. Pastikan apakah fasilitas yang ditawarkan benar-benar ada dan berfungsi dengan baik. Namun untuk rumah kavling, biasanya jarang ditemukan fasilitas seperti di area klaster dan townhouse.

4. Ukuran rumah

Faktor ini bisa menjadi pertimbangan utama dalam mencari rumah idaman, tujuannya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan calon pembeli. Kamu yang masih single tentu mempunyai kebutuhan berbeda dengan calon pembeli yang telah berkeluarga, serta tentunya ini akan berdampak pada ukuran rumah yang dicari.

 

5. Lingkungan sekitar

Faktor ini pun menjadi poin penting yang dipertimbangkan. Misalnya, di area tersebut sering terjadi pencurian maka hal ini akan membahayakan sekali. Calon pembeli bisa menanyakan ke warga sekitar tentang kondisi lingkungan di area perumahan tersebut atau bertanya ke ketua RT sekitar untuk mengonfirmasi apakah kehidupan tetangga di area tersebut aman dan harmonis.

6. Akses transportasi

Tentu akses untuk bepergian menjadi faktor esensial bagi semua orang. Ketika sedang tidak ingin berkendara dengan kendaraan pribadi, maka transportasi publik menjadi pilihan utama. Untuk itu, penting mengetahui apakah rumah yang akan dipilih dekat dengan akses transportasi dan jalan besar.

 

Mencari rumah lewat aplikasi

Saat ini, mencari rumah idaman semakin mudah dilakukan lewat bantuan aplikasi. Pinhome menjadi e-commerce properti di Indonesia, menyediakan aplikasi untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen dalam bertransaksi properti. Kosumen akan dipandu untuk mendapatkan hunian impian lewat sejumlah fitur dalam aplikasi Pinhome.

Mulai dari menentukan budget dan properti ideal, menyediakan berbagai opsi pembayaran, mengontak agen, kunjungan properti, melihat estimasi harga, panduan KPR, hingga memulai transaksi properti sampai tahap serah terima dapat dilakukan lewat aplikasi Pinhome.

Listing properti yang tersedia pun lengkap mulai dari rumah baru, unit seken, tanah, apartemen, ruko, hingga kavling. Aplikasi ini juga memudahkan masyarakat untuk mencari, membeli, menjual, menyewa, dan melakukan transaksi berbagai jenis properti.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading