Sukses

Lifestyle

8 Daftar Makanan yang Membuat Pintar dan Saran Penyajiannya

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya belajar yang giat, otak juga sama dengan tubuh yang bergantung pada nutrisi yang kita konsumsi agar daya ingat semakin tajam. Makanan bernutrisi dapat membantu mengasah otak seseorang.

Maka penting makanan bernutrisi kita konsumsi setiap hari. Namun, beberapa makanan tertentu menawarkan nutrisi lengkap yang memaksimalkan fungsi yang memungkinkan otak bekerja pada tingkat optimal.

Makanan-makan tersebut membuat otak akan lebih mudah menyerap pembelajaran terbaik, memori, tingkat suasana hati, kreativitas, dan sejumlah aktivitas lain yang bergantung pada otak.

Untuk itu, berikut ini makanan wajib yang harus dimasukan kedalam menu makan sehari-hari agar kita lebih pintar. Apa saja? Berikut ulasannya melansir inhousephysicians.com.

1. Ikan lemak baik

Lemak tak melulu membuat tubuh gemuk. Namun lemak baik justru baik untuk tubuh hingga otak.

Contoh ikan lemak yang baik dikonsumsi ialah sarden, tuna, salmon, red fish. Iakan ini baik untuk otak karena memiliki tinggi asam lemak Omega 3 dan DHA.

Menurut studi JAMA 2016, mengonsumsi ikan hanya seminggu sekali berkorelasi dengan lebih sedikit neuropatologi penyakit Alzheimer.

Saran Penyajian: Untuk makan malam panggang ikan dengan minyak zaitun dan dibumbui dengan sedikit garam dan merica.

2. Walnuts atau kacang-kacangan

Kacang tinggi Omega -3 ALA (asam alfa linoleat) dan Vitamin E yang bermanfaat meningkatkan memori, kognisi, & fungsi motorik mengurangi peradangan dan stres oksidatif di otak yang menua

Saran Penyajian: Bisa dimakan untuk topping yogurt dan sereal hangat untuk sarapan, atau salad sore dengan segenggam kecil kenari.

3. Alpukat

Alpukat salah satu buah yang memiliki lemak baik atau tak jenuh tunggal dan dan tirosin yang berkontribusi pada aliran darah yang sehat dan menurunkan tekanan darah yang membantu mencegah penurunan kemampuan kognitif.

Serta dapat mengurangi efek stres akut dan mengurangi stres oksidatif, hingga pelindung saraf.

Saran penyajian: Cobalah roti panggang alpukat, oleskan seperempat alpukat pada sepotong roti panggang di pagi hari. Jangan ragu untuk berkreasi dengan menambahkan irisan telur rebus, irisan mangga, atau hanya sejumput lada hitam.

4. Telur

Telur dapat membantu menunda penyusutan otak karena vitamin b tertentu (B12 dan asam folat) yang diketahui dapat mengurangi kadar homosistein dalam darah. Tingkat homosistein yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke, gangguan kognitif, dan penyakit Alzheimer.

Pengurangan penyusutan otak ditunjukkan dalam sebuah penelitian terhadap pasien lanjut usia yang diberi B6, B12 dan asam folat selama dua tahun bila dibandingkan dengan kelompok plasebo. (ayam, ikan, dan sayuran hijau juga merupakan makanan kaya vitamin B)

Saran penyajian: Cobalah sesuatu yang baru dengan menukar mayo dengan alpukat di sandwich telur-salad makan saat siang.

5. Dark cokelat

Dark cokelat dapat meningkatkan kinerja kognitif, pemulihan akurasi memori kerja setelah kurang tidur dalam satu penelitian terhadap 32 wanita. Serta mampu meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung, mengandung beberapa senyawa kimia yang merangsang yang memiliki efek positif pada suasana hati dan kognisi. dan mengandung feniletilamin (PEA). PEA mendorong otak untuk melepaskan endorfin dan merasa waspada.

Sran penyajian: Pilih batang dark cokelat dengan kandungan kakao 70% atau lebih tinggi dan yang dapat dipecah menjadi bagian yang lebih kecil untuk mengontrol porsi. Cara yang menyenangkan untuk menikmati suguhan ini adalah dengan menyiapkan mangkuk kecil atau cangkir pencuci mulut yang berisi potongan-potongan cokelat hitam, bagian kenari, dan buah beri.

6. Buah jenis berri

Semua buah beri tinggi antioksidan, mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, yang telah dikaitkan dengan proses neurodegeneratif, dapat mencegah penyakit neurodegeneratif terkait usia dan meningkatkan fungsi motorik dan kognitif, membantu dalam memodulasi jalur pensinyalan yang terlibat dalam peradangan, kelangsungan hidup sel, transmisi saraf dan meningkatkan neuroplastisitas. Hal ini terkait dengan fitokimia antosianin, asam caffeic, catechin, quercetin, kaempferol, dan tannin.

Buah berri terdiri dari

~Strawberry: meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan kinerja perilaku motorik, dapat meningkatkan pembelajaran dan memori khusus

~Blueberry: melindungi pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah, mencegah defisit belajar dan memori

~ Kismis Hitam: pelindung saraf

~Blackberry: melindungi dari degenerasi saraf, meningkatkan memori spasial dan pembelajaran ~Blueberry: manfaat pembelajaran dan memori

Saran penyajian: Pilih buah beri baru setiap minggu untuk dicoba. Dapat menambahkan setengah cangkir ke salad sore atau membuat smoothie dengan es, air, dan bubuk protein untuk memberi energi sepanjang soremu.

7. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam atau kale, tinggi vitamin K yang meningkatkan kemampuan kognitif

Satan Penyajian: Bereksperimenlah dengan sayuran yang berbeda baik mentah maupun dimasak. Sayuran hijau bukan hanya untuk salad, bisa menumis sayuran dan menyajikannya di atas ikan atau ayam atau menambahkannya ke telur dadar.

8. Kunyit

Kunyit tinggi anti-inflamasi, gunakan lada hitam untuk meningkatkan efek saat memasak dengan rempah-rempah ini

Saran penyajian: Kunyit memiliki rasa yang bersahaja, yang cocok dengan kacang dan protein. Dapat menambahkan ini ke hidangan daging dan kacang dengan mudah.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading