Sukses

Lifestyle

Dari Wisata Alam hingga Staycation, Inilah Destinasi Pilihan Wisatawan saat Malam Tahun Baru 2022

Fimela.com, Jakarta Merayakan pergantian tahun 2022, wisatawan mencari pengalaman baru dengan mengunjungi berbagai destinasi. Menurut data platform perjalanan digital Agoda, destinasi alam atau pantai menjadi pilihan, begitupula dengan memanjakan diri di hotel kelas atas.

Di seluruh Asia, berbagai ibu kota menjadi tujuan utama yang mendominasi peringkat destinasi favorit untuk menikmati momen tahun baru. Hal ini termasuk kembalinya Bangkok menjadi tujuan nomor satu Thailand. Ada pula pantai kelas dunia seperti Goa (India), Bali, Cebu (Filipina), Pattaya (Thailand), Pulau Jeju (Korea Selatan), dan Penang (Malaysia).

Berdasarkan data Agoda, ada banyak tempat wisata baru yang masuk ke dalam sepuluh besar tahun ini. Salah satunya adalah destinasi pantai Pulau Batam yang berada di peringkat 10.

Adapun Pulau Andaman dan Nicobar, India yang berada di peringkat #7. Selain itu, destinasi pegunungan hijau juga menjadi tujuan wisata populer, seperti Khao Kho (Thailand), Bohol (Filipina), Ninh Binh (Vietnam). Di Vietnam, Sapa dan Dalat menggantikan posisi Hanoi dari tiga besar tahun ini.

Data Agoda menunjukan, tahun ini para wisatawan ingin kembali memanjakan diri setelah sebelumnya menahan diri saat berlangsungnya lockdown yang berulang kali.

Tahun ini preferensi untuk hotel bintang 4-5 semakin kuat dengan meningkatnya jumlah wisatawan Taiwan dan Thailand yang lebih memilih hotel bintang 4-5 untuk menikmati malam tahun baru. Hal tersebut juga terlihat pada wisatawan Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, dan wisatawan Vietnam.

Perjalanan Domestik Masih Mendominasi

Tim Hughes, Wakil Presiden Pengembangan Perusahaan Agoda mengatakan, kota-kota besar kembali dibuka untuk bisnis pada malam tahun baru ini di sebagian besar wilayah. Hal tersebut menambah minat wisatawan untuk berkunjung.

Sementara itu, perjalanan domestik masih mendominasi rencana perjalanan malam tahun baru ini. Daya tarik dari pemandangan menakjubkan di alam negara-negara Asia membuat orang berbondong-bondong menuju pantai dan pegunungan.

"Di Vietnam, Hanoi tersingkir dari tiga besar oleh Sapa, sementara Kuching menggeser Langkawi untuk posisi tiga besar tempat wisata di Malaysia, dan Boracay muncul di tempat kedua untuk Filipina, hal ini mencerminkan keinginan para wisatawan untuk kembali menjelajahi lebih banyak tempat di satu negara," ujar Tim Hughes.

Destinasi di Indonesia yang paling banyak dipesan pada Malam Tahun Baru:

- Jakarta, Bali, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya adalah 5 kota besar di Pulau Jawa dan Bali yang masih menjadi destinasi wisata terfavorit untuk merayakan tahun baru.

- Jakarta tetap menjadi destinasi nomor #1, yang menawarkan berbagai hiburan dan aktivitas menarik selama tahun baru, diikuti Bali pada peringkat #2 yang diserbu pengunjung di tengah pelonggaran pembatasan perjalanan oleh pemerintah Indonesia.

- Medan, sebagai kota terbesar dan terpopuler di luar Pulau Jawa berada di peringkat #6

- Batam yang terkenal dengan pantai dan pemandangan bawah lautnyayang indah berada di peringkat #10 pada tahun baru 2021

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading