Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang yang Pintar Berbicara

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang pintar berbicara atau menjadi pembicara yang baik, karena tidak semua orang memiliki kepercayaan diri yang baik, pemguasaan kosa kata termasuk kemampuan memengaruhi orang lain. Walaupun terlihat sederhana, nyatanya menjadi pembicara yang pintar itu tak mudah dilakukan, sebab dibutuhkan keahlian dan latihan terus menerus.

Berikut ini beberapa tanda orang yang pintar berbicara, apakah kamu salah satunya?

1. Menjadi pendengar yang baik

Komunikasi bukan hanya tentang berbicara tapi juga mendengarkan. Mendengarkan orang lain dapat membantu membangun hubungan dan memastikan pemahaman baik. Mendengarkan secara aktif ketika orang lain berbicaradapat menunjukkan bahwa kamu menghormati mereka dan memungkinkanmu untuk belajar lebih banyak tentang isi pembicaraan.

2. Dapat menjelaskan sesuatu dengan ringkas

Pembicara yang baik dapat menjelaskan secara jelas dan rinci tentang apa yang dibicarakan. Mereka bisa memastikan agar apa yang disampaikan dapat diterima oleh lawan bicaranya. Mereka bisa memilih kata-kata yang tepat agar orang dapat mengerti dengan mudah.

3. Percaya diri

Percaya diri dalam komunikasi dapat menumbuhkan kesan bahwa kamu adalah orang yang profesional dan dapat dipercaya. Jika kamu percaya diri, kamu akan yakin dengan apa yang ingin kamu sampaikan dan ini dapat membantumu mengingat pikiran dan berbicara dengan jelas.

4. Ramah

Berbicara dengan nada ramah dapat mendorong orang lain untuk lebih sering berkomunikasi denganmu. Orang yang ramah juga memiliki kepribadian yang positif, mereka bisa membuat orang lain nyaman dan tahu bagaimana cara menghadapi orang yang berbeda dengannya.

5. Punya kemampuan memimpin

Kemampuan memimpin ini akan sangat kuat terlihat di orang yang mampu membangun komunikasi dan interaksi dengan orang lain. Kemampuan ini akan terlihat jelas saat seseorang bekerja dalam kelompok. Mereka pintar mengendalikan diri, menjaga emosi dan tahu bagaimana mengatur orang lain, sehigga kata-katanya lebih tertata dan tersusun rapi.

Jadi, kalau kamu memiliki ciri-ciri di atas, itu artinya kamu punya bakat menjadi pembicara yang baik.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading