Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatasi Insecure karena Bentuk Tubuh

Fimela.com, Jakarta Jangan anggap bercanda soal fisik itu sebagai hal yang wajar karena bisa menimbulkan perasaan tidak percaya diri, sakit hati bahkan insecure. Standar kecantikan yang menganggap bahwa perempuan yang cantik harus langsing, berkulit putih, memiliki rambut yang panjang dan sebagainya, tak ayal membuat sebagian besar perempuan merasa insecure dengan bentuk tubuhnya dan berlomba-lomba untuk mempercantik diri. Padahal, setiap perempuan itu sudah terlahir cantik karena keunikannya masing-masing.

Kalau kamu masih merasa insecure dengen bentuk tubuhmu, beberapa cara berikut ini mungkin bisa membantumu untuk mengatasinya.

1. Kurangi bermain media sosial

Percayalah bahwa sebagaian besar rasa insecure dalam diri kita saat ini disebabkan karena postingan di media sosial. Di media sosial, kamu melihat semua orang cantik dengan pipi tirus, badan langsing, berkulit putih dan sebagainya. Lalu kamu menganggap bahwa cantik itu harus seperti artis A atau selebgram B. Semua orang diciptakan dengan rupa yang berbeda-beda dan ingat cantik itu tidak ada standarnya, karena tiap orang punya versi cantik menurut dirinya masing-masing.

2. Jangan memandang rendah dirimu

Orang akan memandang diri kita sebagaimana kita memandang diri kita sendiri. Jadi, belajarlah untuk berbicara positif pada diri sendiri. Mungkin kamu merasa tidak percaya diri karena bentuk rambut, warna kulit, tinggi badan dan sebagainya. Kalau kamu punya rambut keriting atau tubuh yang pendek, bukan berarti kamu jelek, semua orang itu terlahir unik dengan ciri khasnya tersendiri.

3. Lihatlah sisi positifnya

Mengubah cara pandang kita terhadap sesuatu juga bisa meningkatkan rasa percaya diri kita, termasuk pada diri sendiri. Kalau kamu sering merasa insecure dan tidak percaya diri dengan bentuk tubuhmu, misalnya karena pipi kamu tidak tirus dan badan yang tidak tinggi. Cobalah untuk melihat sisi positifnya, orang dengan pipi chubby itu terlihat awet muda begitu juga debgan orang dengan tubuh pendek.

4. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Dalam pergaulan, kita pasti akan bertemu dengan banyak orang dengan penampilan yang berbeda-beda. Terkadang kita jadi sering membandingkan diri dengan orang lain dengan mengatakan, seandainya aku langsing seperti si A, coba saja kalau aku mancung seperti si B, dan sebagainya. Membandingkan diri sendiri seperti ini hanya akan membuatmu semakin terpuruk dan ubahlah cara berpikirmu ke arah yang positif.

5. Terima dirimu apa adanya

Bentuk fisik dan segala yang ada pada tubuh kita adalah hal yang alami sejak kita dilahirkan. Jadi, yang harus kita lakukan ialah menerima diri kita apa adanya. Anggaplah kelebihan itu sebagai anugerah dan kekurangan sebagai keunikan. Dengan begitu, kamu akan jadi orang yang lebih percaya diri, bersyukur dan bahagia.

Sudah seharusnya perempuan juga saling mendukung satu sama lain untuk menghilangkan rasa insecure. Bercanda soal fisik itu jangan dianggap sebagai hal yang biasa atau wajar, baik secara langsung atau di media sosial. Karena kita tidak pernah tahu apa yang orang lain rasakan, apa yang menurut kita lucu bisa jadi bagi orang lain sangat menyakitkan. Jadi yuk, lebih saling menghargai!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading