Sukses

Lifestyle

Doa Mimpi Basah dan Cara Mandi Wajib

Fimela.com, Jakarta Mimpi basah atau nocturnal emission adalah respon tubuh secara alami terhadap perubahan hormon. Mimpi basah ini sering dialami oleh laki-laki yang sedang tidur. Saat mengalami mimpi basah ini, laki-laki akan mengalami ejakulasi tanpa adanya rangsangan seksual.

BACA JUGA: Mandi Wajib Yang Sah Bagi Pria, Ketahui Tata Cara Dan Niatnya

Mimpi basah ini bisa dialami laki-laki yang masih pubertas atau belum menikah. Siklus mimpi basah hampir sama dengan siklus haid perempuan. Mimpi basah bisa terjadi selama 3 sampai 5 minggu.

Setelah mimpi basah, sebaiknya lekaslah melakukan mandi wajib untuk menyucikan kembali tubuhmu. Saat melakukan mandi wajib, alirkan air ke seluruh tubuh dengan air suci atau air bersih. Jika tidak melakukan mandi wajib setelah mimpi basah, maka ibadah yang kamu lakukan tidak akan sah. Berikut doa setelah mimpi basah dan cara mandi wajib, dilansir dari Liputan6.com:

Doa Mandi Wajib

Sebagai umat Islam, perlu mengetahui tentang tata cara mandi wajib setelah mimpi basah. Agar tidak salah dalam menjalankan mandi wajib. Seperti firman Allah SWT: "Dan jika kamu junub, maka mandilah." (QS. Al Maidah: 6). 

BACA JUGA: Tata Cara Mandi Wajib Pria Beserta Niat Dan Doanya

Dalam surat lainnya Allah SWT menyuruh umat Islam untuk mandi wajib jika dalam keadaan junub.

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu salat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun." (QS. An-Nisa': 43).

Cara Mandi Wajib Setelah Mimpi Basah

Sebenarnya tata cara mandi wajib setelah mimpi basah hampir sama dengan mandi wajib biasanya. Namun terdapat perbedaan pada cara mandi wajib setelah mimpi basah, yaitu pada bagian niat. Berikut tata cara mandi wajib setelah mimpi basah:

1. Niat

Untuk mandi wajib setelah mimpi basah, kamu bisa melafalkan niat berikut:

"Bismillahirahmanirahim nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbar minal janabati fardlon lillahi ta'ala."

Artinya:"Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta'ala."

2. Membasuh tangan sebanyak 3 kali

3. Membasuh alat kelamin dari kotoran dan najis.

4. Mencuci tangan dengan sabun.

5. Mengambil wudhu seperti biasa.

6. Mengguyur rambut sebanyak 3kali.

7. Siram anggota badan sebelah kanan hingga tiga kali.

8. Kemudian siram anggota badan pada bagian kiri sebanyak tiga kali juga.

9. Menggosok bagian tubuh sebanyak tiga kali, terutama bagian yang sulit seperti pusat, ketiak, lutut dan lain-lain supaya terkena air.

10. Kamu bisa melanjutkannya dengan mandi seperti biasa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading