Sukses

Lifestyle

Peneliti Soroti Fenomena Alam Langka Salju Keluarkan Cahaya Biru

Fimela.com, Jakarta Terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki berbagai keunikan, Rusia baru-baru ini dikejutkan dengan fenomena salju yang mengeluarkan cahaya berwarna biru

Dikutip dari Liputan6.com, dari Oddity Central, Rabu (12/01/2022) pada Desember 2021 lalu seorang ahli biologi Rusia dikejutkan dengan adanya fenomena alam yang langka,terdapat salju yang mengeluarkan cahaya biru, ditemukan di Pantai Laut Putih di Arktik Rusia.

Tentu saja, fenomena salju yang bersinar ini  menarik perhatian banyak orang, termasuk para ilmuwan. Ahli biologi  Vera Emeriyaenko diketahui telah melakukan perjalanan dengan putra  ahli biologi molekuler Mikhail Neretin, yang bekerja di  stasiun lapangan terpencil.

Neret Melihat pertama kali adanya cahaya biru pada salju yang tak biasa. Ketika mereka pergi menyelidiki fenomena langka tersebut, mereka memperhatikan bahwa pijakan mereka membentuk garis biru tipis yang tampak seperti lampu Natal.

Tidak hanya itu, kedua anjing pendamping itu juga meninggalkan bekas di salju, yang  juga memancarkan cahaya biru. Bahkan saat mencoba meremas salju bercahaya di tangan lebih kuat, salju-salju tersebut justru kembali bersinar lebih terang.

Peneliti Melihat Lebih Detail Fenomena Ini

Dikutip dari Liputan6.com, Rabu (12/01/2022) Keduanya  tertarik dengan fenomena  unik ini dan meminta  fotografer dari stasiun penelitian,  Alexander Semenoff untuk mendokumentasikan fenomena tersehut. Semenev juga membagikan foto salju yang bersinar di media sosial dan dengan cepat menjadi viral.

Foto-foto tersebut juga diketahui dikirimkan kepada seluruh ilmuwan di Rusia yang tertarik akan fenomena langka tersebut. Pada keesokan harinya, Vera Emelianenko mencoba untuk menyisipkan salju dengan cahaya biru pada mikroskop untuk melihat lebih detail.

Hasil foto tersebut diketahui juga dikirimkan kepada seluruh ilmuwan di Rusia yang tertarik akan fenomena langka tersebut. Pada keesokan harinya, Vera Emelianenko mencoba untuk menyisipkan salju dengan cahaya biru pada mikroskop untuk melihat lebih detail.

Hasil Temuan Peneliti

Hasilnya, ia melihat adanya copepoda, krustasea air kecil, di cawan petri. Ketika dia menusuk mereka dengan jarum, mereka menyala biru redup. Hal ini menunjukkan jika merekalah yang menjadi sumber cahaya biru pada salju-salju tersebut.

Serangga laut ini dikenal sebagai makhluk laut yang jarang, bahkan cukup sulit ditemukan. Pasalnya, keberadaan mereka terdapat di kedalaman 100 meter. Namun, pada fenomena ini mereka hanya berada beberapa sentimeter saja dari permukaan hingga menyebabkan fenomena bioluminesensi yang menarik perhatian di pantai.

Dikutip dari Liputan6.com, Rabu (12/01/2022). Adanya salju yang mengeluarkan cahaya berwarna biru ini pun belum pernah terlihat sebelumnya di stasiun biologi Rusia selama 80 tahun terakhir. Ksenia Kosobokova, seorang ahli zooplankton laut Arktik di Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia di Moskow, mengatakan bahwa fenomena langka itu mungkin disebabkan oleh copepoda yang terperangkap dalam arus kuat yang mendorong mereka ke darat dan ke dalam salju.

*Penulis: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf.

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading