Sukses

Info

Fenomena Langka Arab Saudi Turun Salju di Tahun Baru, Ini Penjelasannya

Fimela.com, Jakarta Sebuah fenomena langka terjadi di Arab Saudi, di mana salju turun di sebuah bukit di wilayah Tabuk. Dikutip dari The National News, salju pertama kali turutn di Jabal Al-Laws pada Sabtu (1/1/2021).

Jabal Al-Laws sendiri merupakan sebuah bukit di barat laut Arab Saudi dekat dengan perbatasan Yordania. Turunnya salju di Arab Saudi ini langsung menyita perhatian warga serta pengunjung. Dilaporkan sudah ribuan orang yang menyaksikan langsung fenomena ini.

Namun akibat cuaca ekstrem, petuga keamanan menutup jalan menuju daerah tersebut. Pertahanan Sipil Arab Saudi juga mendesak penduduk Tabuk untuk tetap waspada karena jarak pandang yang rendah dan kemungkinan adanya hujan lebat.

 

Penjelasan soal salju di Arab Saudi

Pada Minggu pagi (2/1/2022), salju turun lebih banyak di daerah Jabal Al-Lawz dan daerah pegunungan Ad Dhahr dan Alqan. Diperkirakan suhu di wilayah tersebut mencapai di bawah 0 derajat Celsius.

Salah satu penyebab turunnya salju adalah adanya perubahan pola cuaca global yang menjadi dampak dari pemanasan global dan perubahan iklim. Hal ini membuat terjadinya penurunan suhu di sekitar Tabuk, Arab Saudi.

Ini bukan menjadi kali pertama salju turun di daerah panas. Pada 2018 sempat turun salju di Gurun Sahara yang menjadi salah satu gurun terpanas di dunia. Hal ini disebabkan terjadinya tekanan udara tinggi yang terjadi di Eropa sehingga menarik udara dingin ke Afrika Utara.

Simak video berikut ini

#Women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading