Sukses

Lifestyle

10 Kebiasaan Membuat Tubuh Perempuan Sehat, Bugar, Bebas Insecure

Fimela.com, Jakarta Sehat, bugar, dan bahagia menjadi harapan semau orang tak terkecuali para perempuan. Namun terkadang membuat tubuh lebih baik justru menyiksa, misalnya saja diet ketat hingga olahraga berlebihan.

Padahal, membuat tubuh sehat dan bugar tidak perlu menyiksa diri. Menjadi bugar bukanlah angka dalam skala atau bahkan perut six-pack. 

Namun dapat dilakukan dengan perlahan, konsisten, dan menyesuaikan kondisi tubuh.

Berikut ini kebiasaan yang dimiliki perempuan yang selalu bugar tanpa menyiksa melansir theeverygirl.

1. Mencari kesenangan dalam berolahraga

Mungkin berpikir bahwa perempuan yang selalu bugar melakukan joging panjang, tetapi itu tidak benar.  Alih-alih menikmati olahraga yang intens, temukan kegembiraan dalam berolahraga.  Mungkin melakukan olahraga seperti balet, berlari untuk menjernihkan pikiran dan merasa terpusat, atau olahraga yang membuatmu bahagia. 

Tidak peduli bagaimana melakukannya, terpenting menemukan kegembiraan dalam berolahraga bukan karena terpaksa.

2. Memikirkan apa yang harus dimakan daripada apa yang tidak boleh dimakan

Budaya diet telah mengajarkan kita untuk fokus pada apa yang tidak boleh dimakan: produk tanpa lemak, diet rendah karbohidrat, atau label “tanpa tambahan gula”. 

Alih-alih mencemaskan apa yang tidak boleh dimakan, perempuan yang selalu bugar menjadi bersemangat dengan makanan yang mereka makan: salad segar, semur hangat, hidangan vegetarian yang lezat, dan smoothie yang menyegarkan. Menikmati es krim, menikmati hal yang nyata alih-alih membatasi atau makan berlebihan pada alternatif buatan.

3. Selalu aktif

Perempuan yang selalu bugar tidak membatasi aktivitasnya pada sesi latihan 60 menit atau waktu di gym.  Sebaliknya, menjalani gaya hidup yang lebih aktif secara keseluruhan. Lebih banyak bergerak dan lebih sedikit duduk. 

Coba tambahkan lebih banyak gerakan non-olahraga ke dalam hidup.  Bahkan jika memiliki pekerjaan di meja, ada banyak cara untuk menyesuaikan lebih banyak gerakan ke dalam harimu.  

Misalnya, lebih sering jalan-jalan di taman, berdiri saat bekerja, cobalah berkebun jika memiliki halaman, lebih banyak membersihkan rumah, berjalan ke mana pun kalian bisa, menari sambil memasak atau bersiap-siap, meregangkan tubuh sambil menonton TV.

4. Istirahat

Jika berpikir tetap bugar hanya tentang seberapa banyak berolahraga, pikirkan lagi. Kunci kesehatan adalah keseimbangan, bukan kesempurnaan.  Tubuh membutuhkan pemulihan seperti halnya membutuhkan gerakan, jadi manfaatkan hari istirahat.  Pikirkan peregangan ringan jika merasa kencang atau mandi mewah untuk menenangkan otot dan merilekskan pikiran.  

Juga, memprioritaskan tidur adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan untuk tubuhmu.  Detoksifikasi rutinitas tidur dengan mengikuti jadwal, lakukan rutinitas malam yang santai, dan sempurnakan lingkungan tidurmu. 

5. Tidak pernah terlalu lapar atau terlalu kenyang 

Meskipun budaya diet yang merusak telah membuat kita berpikir bahwa makan lebih sedikit selalu merupakan hal yang baik, para perempuan yang bugar tahu bahwa tubuh kita tidak boleh merasa kekurangan atau lapar sampai pada titik di mana kita merasa lemah atau "kelaparan".  Merasa terlalu lapar menghentikan kita untuk menjadi intuitif tentang apa yang diinginkan tubuh dan membuat pilihan berdasarkan apa yang benar-benar kita nikmati.  Juga, makanan adalah energi, bukan musuh.

 Tubuh membutuhkan banyak energi hanya untuk eksis, apalagi untuk berolahraga, mengejar anak, atau melakukan pertemuan back-to-back sepanjang hari.  Jika merasa lapar segera setelah makan, cobalah menambahkan lebih banyak serat dengan sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji-bijian. 

Bawalah camilan bergizi setiap saat jika terjadi rasa lapar, dan pertimbangkan salad atau camilan sayuran di sore hari jika jarak antara makan siang dan makan malam terasa terlalu lama.Di sisi lain, makan berlebihan hingga merasa “kekenyangan” bisa membuat kita merasa lesu, sakit, dan menghambat pencernaan. 

Cobalah makan lebih sadar dan mengunyah lebih lambat, sehingga sadar ketika tidak lagi menikmati makanan dan hanya makan karena itu ada di depanmu. 

Juga, berhati-hatilah untuk makan ketika bahkan tidak lapar.  Mungkin karena kebosanan, emosi, atau stres, jadi beri makan dirimu dengan cara lain jika merasa mengidam yang tidak ada hubungannya dengan isyarat lapar. 

6. Mendengarkan tubuh mereka daripada melakukan diet

Diet mode tidak pernah berkelanjutan.  Jika diet memang membantu menjadi bugar, itu tidak akan membantu tetap bugar.  Faktanya, diet fad tidak ada untuk perempuan yang selalu sehat.  Sebaliknya, metode makan mereka adalah gaya hidup, bukan diet.  Tahu makanan mana yang membuat tubuh mereka terasa enak dan mana yang membuat mereka merasa lesu atau sakit.  Rahasia menjadi sehat berasal dari dalam, bukan dari sumber eksternal seperti diet trendi atau rencana makan.  Tubuhmu sudah tahu apa yang dibutuhkan untuk menjadi sehat, hanya perlu mendengarkannya. 

7. Minum banyak air

Air adalah kekuatan hidup tubuh, dan tetap terhidrasi sangat penting agar setiap organ, sel, dan sistem di dalamnya menjadi sehat.  Hingga 60 persen tubuh manusia terbuat dari air, jadi kita dapat membantu lebih dari setengah fungsi tubuh hanya dengan tetap terhidrasi.  Tak heran jika perempuan yang selalu bugar tak henti-hentinya minum air.  

8. Menjaga rutinitas

Tetap bugar adalah serangkaian kebiasaan sederhana, yang berarti bahwa perempuan yang selalu bugar tahu cara membuat kebiasaan, dan kemudian mengubah kebiasaan itu menjadi rutinitas.  Kebiasaan sangat membantu karena tidak perlu memperdebatkan apakah akan menindaklanjuti setiap kebiasaan sehat atau tidak, hanya melakukannya.  Rutinitas juga membantu karena memberikan konsistensi, bahkan pada hari-hari tersibuk.

Misalnya, tidak perlu memikirkan apakah harus menyesuaikannya atau tidak pada hari yang sibuk;  akan memprioritaskannya karena itu tidak bisa dinegosiasikan.  Untuk membangun kebiasaan sehat, mulailah dengan sesuatu yang lebih mudah dari yang dipikirkan. 

Dua push-up sehari dapat berubah menjadi latihan 60 menit sambil dengan mudah menjadikan olahraga sebagai kebiasaan sehari-hari.  Rutinitas pagi dan malam hari yang ditentukan juga penting untuk kehidupan yang sehat secara keseluruhan karena rutinitas tersebut mengatur seluruh hari untuk sukses. 

9. Membuat hidup menarik

Mungkin kebiasaan kesehatan yang paling diremehkan dari semuanya adalah secara konsisten mencoba hal-hal baru.  Orang yang paling sehat tahu bahwa rahasia umur panjang adalah tetap tertarik dan tertantang.  Ya, ini berarti mencoba latihan baru dan bereksperimen dengan resep baru, tetapi itu juga berarti mencoba hal-hal baru di luar rutinitas kesehatan dan kebugaran.  Meski terdengar murahan, memiliki semangat hidup tidak hanya membuat bahagia, tetapi juga membuat tetap termotivasi. 

Saat merasa lelah atau lelah di siang hari, itu mungkin pertanda bahwa belum melakukan cukup banyak hal yang menyalakan api dalam dirimu.  Tetap penasaran, coba hal baru, dan habiskan lebih banyak waktu untuk mengejar minat, hobi, dan tujuan yang disukai.  

10. Tahu apa yang pantas didapatkan

Kita sering bergumul dengan makan sehat, menjaga diri sendiri, atau berolahraga karena kita tidak melihat diri kita sebagai orang yang mau melakukannya. 

Sebuah lingkaran setan, bukan?  Keyakinan adalah keadaan pikiran, bukan keadaan. Orang yang percaya diri memiliki peluang lebih baik untuk tetap bugar (bukan sebaliknya) karena kepercayaan diri sebenarnya hanya masalah menepati janji kepada diri sendiri. 

#women for women

Loading