Sukses

Lifestyle

Ingin Kembali Bersemangat Jalani Rutinitas? Yuk, Coba Cara Ini

Fimela.com, Jakarta Dalam keseharian, kita butuh aktivitas atau rutinitas untuk dijalani. Supaya tak ada waktu yang terbuang sia-sia, kita perlu memaksimalkan setiap waktu yang kita punya. Akan tetapi, kadang karena terlalu lelah atau bosan, kadang kita merasa kehilangan semangat.

Bagaimana agar kembali bersemangat jalani rutinitas? Ketika memang sedang lelah atau capek, kita perlu meluangkan waktu untuk beristirahat. Kalau merasa tidak bersemangat dan bingung dengan penyebab utamanya, kita bisa coba untuk menyetel pikiran dengan menggunakan tubuh.

Lakukan Hal-Hal yang Sudah Biasa Dilakukan

Apa yang dimaksud dengan  menyetel pikiran dengan menggunakan tubuh? Mengutip buku Hello, Habits, satu kegiatan rutin berfungsi sebagai pemicu untuk memulai kegiatan rutin berikutnya. Ketika kita merasa kehilangan semangat untuk beraktivitas atau menjalani rutinitas, kita bisa coba awali dengan melakukan hal yang sudah biasa dilakukan.

Misalnya, kita merasa tidak bersemangat bangun pagi. Alih-alih kembali tidur dan bermalas-malasan, coba bangkit dan buka jendela kamar. Kemudian, bisa mulai merapikan tempat tidur. Dari satu kegiatan rutin dan hal biasa yang sehari-hari dilakukan, kita akan terdorong untuk lanjut melakukan hal lainnya. Sehingga, semangat bisa kembali terkumpul. 

"Segi positif dari kegiatan rutin adalah bahwa kita dapat mengubah suasana hati hanya dengan melakukan hal-hal yang sudah biasa kita lakukan. Kegaitan rutin berfungsi sebagai penyetel," tulis Fumio Sasaki dalam Hello, Habits.

Jadi, saat sedang tidak bersemangat, coba gerakkan tubuh melakukan sesuatu. Awali dengan melakukan hal yang sudah biasa dilakukan, tak perlu terburu-buru. Cobalah untuk mengalir saja, nanti lama kelamaan kita akan mendapat energi untuk kembali menjalani rutinitas dengan lebih bersemangat.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading