Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Dewasa secara Mental dan Emosional

Fimela.com, Jakarta Kedewasaan seseorang tak hanya dilihat dari usia tetapi dari pola pikir dan pola sikap dalam merespon sesuatu. Pemikiran yang dewasa bisa mampu membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah dan mengendalikan diri dalam menghadapi situasi tertentu. Berikut ini beberapa tanda kamu sudah dewasa secara mental dan emosional.

1. Berpikir sebelum bertindak

Kamu bisa mengendalikan diri dalam menyikapi sesuatu, sehingga kamu tidak gegabah saat mengambil keputusan. Kamu bisa berpikir secara logis dan tahu mana yang terbaik yang akan kamu ambil.

2. Tidak memaksakan pendapat

Kamu tahu bahwa kamu tidak bisa memaksakan pendapat pada orang lain, karena semua orang punya pemikiran yang berbeda-beda. Jadi, kalau ada yang menolak pendapatmu, kamu akan menerimanya dengan bijaksana.

3. Mau mengakui kasalahan

Jika melakukan kesalahan, kamu berani mengakuinya dan berani mempertanggung jawabkan semuanya sepenuh hati. Bukan malah sebaliknya, mencari pembelaan agar kamu bebas dari rasa bersalah.

4. Tidak egois

Selain mengendalikan emosi, kamu juga mampu menahan egomu karena kamu bisa memahami perasaan orang lain dan melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

5. Mudah memaafkan

Semakin dewasa, kamu juga semakin mudah untuk memaafkan kesalahan orang-orang di sekitarmu. Kamu tak suka menyimpan dendam karena itu bisa membuat hubunganmu tak berjalan baik dengan orang lain.

Jika kamu merasakan tanda-tanda tersebut dalam dirimu, itu tandanya kamu sudah dewasa secara mental.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading