Sukses

Lifestyle

Belajar Lebih Percaya Diri, Ini 7 Tips Mengatasi Rasa Malu yang Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Menjadi pemalu dapat memengaruhi caramu menyelesaikan aktivitas sehari-hari yang sederhana hingga kompleks. Faktanya, kurangnya rasa percaya diri yang terus-menerus pada diri sendiri pada akhirnya dapat menjadi hambatan dalam mencapai tujuan hidup dalam jangka panjang. Sebagai bentuk introversi, ini bisa menjadi alasan mengapa kamu jarang berinteraksi dengan orang lain.

Nah, jika kamu ingin mengatasi rasa malu dan belajar untuk lebih terbuka, beberapa tips ini mungkin dapat membantumu. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Temukan Akar Penyebab Masalah

Memahami alasan di balik perilaku dan perasaan penting untuk perubahan. Kamu tidak akan dapat menyelesaikan masalah jika kamu tidak tahu harus mulai dari mana. Renungkan dan tanyakan pada diri sendiri mengapa kamu merasa seperti itu. Buat daftar semua alasan jika kamu harus dan pikirkan bagaimana membuatnya lebih baik.

2. Menghargai Diri Sendiri

Apakah kamu memanggang kue-kue yang lezat? Apakah kamu pandai melukis? Pikirkan semua hal baik dan kesuksesan yang telah kamu raih. Puji dirimu bahkan untuk pencapaian terkecil dan percaya diri. Karena orang pertama yang seharusnya merasa bangga padamu adalah dirimu sendiri.

3. Berhenti Untuk Menjadi Sadar Diri

Jika kamu berpikir orang lain akan melihatmu dan memikirkan sesuatu yang buruk tentangmu, berhentilah. Orang lain memiliki kehidupan mereka sendiri dan kamu tidak dapat mengendalikan mereka. Mereka mungkin menatapmu atau berbicara tentangmu tetapi itu tidak akan bertahan selamanya. Fokus pada hal-hal yang dapat kamu kendalikan seperti reaksi dan sikap daripada hal-hal yang tidak dapat kamu ubah.

4. Terlalu Banyak Berpikir

Ketakutan kita adalah problem dari pikiran kita. Jika kamu selalu takut gagal atau kecewa, santai saja. Bernapaslah dan cobalah untuk tidak fokus pada hal negatif. Berkonsentrasilah pada apa yang harus kamu lakukan dan yakinkan dirimu bahwa kamu akan baik-baik saja. Setiap hari bukanlah hari yang buruk dan tidak semua orang di luar sana untuk mendapatkanmu. Kamu harus mempercayai diri sendiri dan orang lain.

5. Merawat Tubuh

Alasan mengapa kamu merasa malu adalah karena kamu tidak percaya diri dengan diri sendiri dan apa yang kamu miliki atau tidak miliki. Kondisi tubuhmu memengaruhi suasana hati dan caramu berperilaku. Memiliki tubuh dan pikiran yang sehat diperlukan untuk merasa nyaman dengan diri sendiri. Jadi, cobalah olahraga atau aktivitas fisik untuk memperkuat tubuh, makan sehat, merilekskan pikiran dan berusaha untuk sehat fisik dan mental.

6. Berdandan dan Berpenampilan Menarik

Temukan gaya busana yang kamu sukai dan kenakan. Ubah gaya rambut atau warna rambutmu. Pakailah riasan jika itu akan membuatmu merasa lebih percaya diri. Kenakan sepasang sepatu yang bagus. Dapatkan jaket denim yang selama ini kamu ragu-ragu untuk dibeli karena kamu khawatir tidak akan terlihat bagus saat mengenakannya. Temukan apa yang membuatmu nyaman karena ini semua tentang perasaan baik tentang dirimu sendiri.

7. Terhubung dengan Teman dan Keluarga

Salah satu alasan mengapa kamu malu adalah karena kamu tidak merasa menjadi bagian dari suatu kelompok. Kamu merasa seperti orang luar dan sendirian. Ingatlah bahwa kamu memiliki keluarga dan teman. Bicaralah dengan mereka lebih sering dan rencanakan pertemuan. Jangan takut untuk memulai percakapan dan mengajukan pertanyaan.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk mengatasi rasa malu yang akan membantumu lebih percaya diri.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading