Sukses

Lifestyle

5 Tips Menyadari dan Menerima Kesalahan Sendiri

Fimela.com, Jakarta Salah satu kenyataan yang paling sulit untuk diterima adalah ketidaksempurnaan kita sendiri. Biasanya, lebih mudah bagi manusia untuk menunjukkan kekurangan orang lain, tetapi kita selalu defensif setiap kali kita mendengar orang lain membicarakan kekurangan kita.

Namun demikian, agar kita dapat mempertahankan hubungan yang baik, kita harus cukup rendah hati untuk mengakui bahwa kita tidak selalu benar. Kita perlu dengan meminta maaf atas kesalahan kita dan memperbaikinya. Jika Sahabat Fimela kesulitan menyadari dan menerima kesalahan sendiri, maka beberapa cara ini mungkin dapat membantumu. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pahami Bahwa Meminta Maaf dan Mengakui Kesalahan Bukanlah Tanda Kelemahan

Sering kali, alasan mengapa sulit bagi orang untuk mengakui kesalahan mereka adalah karena mereka tidak ingin dilihat secara negatif. Melakukan kesalahan biasanya dikaitkan dengan kebodohan, tidak bertanggung jawab, atau terkadang, menjadi orang yang jahat. Mereka takut tidak dipercaya lagi.

Namun, kenyataannya adalah dibutuhkan orang yang kuat dengan integritas untuk mengakui kesalahan. Mereka yang cepat menyadari, mengakui, dan meminta maaf atas kesalahan mereka lebih mungkin untuk mendapatkan rasa hormat dari orang lain.

2. Berpikiran Terbuka

Pikiran yang tertutup dapat menghentikan dirimu dari melihat kesalahanmu karena itu membuatmu berpikir bahwa semua yang kamu yakini benar, dan apa pun di luar prinsipmu salah. Masalahnya, hal ini bisa membuatmu berkonflik dengan orang lain karena tidak semua orang memiliki perspektif yang sama denganmu. Di sini, kesalahanmu bisa jadi adalah bersikeras bahwa kamu satu-satunya yang benar, dan orang lain salah.

Kamu juga harus terbuka terhadap pendapat dan keyakinan orang lain. Kamu tidak harus menerima mereka, tapi setidaknya kamu bisa menunjukkan rasa hormat dan bersedia mendengarkan pendapat mereka. Kamu perlu mengakui bahwa orang lain juga bisa benar.

3. Mengevaluasi Kata-kata dan Tindakanmu

Cara lain untuk menyadari kesalahan adalah dengan mengevaluasi tindakan, kata-kata, atau keputusanmu. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menjadikan diri sendiri sebagai penerimanya. Misalnya, jika seseorang mengaku disakiti olehmu, maka kamu dapat menempatkan diri pada posisinya dan merasakan akibat dari tindakanmu.

4. Minta Orang Lain untuk Jujur

Jika ada orang yang menghindari dan kamu tidak tahu mengapa, bisa jadi kamu telah menyakiti mereka tanpa sadar.  Orang lain mungkin sudah membencimu tanpa sepengetahuanmu, dan ini akan berdampak negatif pada hubunganmu.

Memberi tahu orang lain bahwa kamu akan menghargainya jika mereka memberi tahumu setiap kali kamu melakukan sesuatu yang menyinggung adalah salah satu cara efektif untuk menyadari kesalahanmu. Ini tidak hanya akan membantumu menyadari kesalahan, tetapi ini juga dapat menyelamatkan hubunganmu.

5. Dengan Rendah Hati Mendengarkan Ketika Seseorang Menunjukkan Kesalahanmu

Setiap kali seseorang memberi tahu kesalahanmu, jangan langsung bersikap defensif. Mungkin tampak memalukan mendengar orang lain mengomentari kegagalanmmu, tetapi terlalu bangga untuk mendengarkan mereka lebih memalukan.

Apakah kamu setuju dengan apa yang orang lain tunjukkan tentang dirimu atau tidak, kamu harus cukup sopan untuk mendengarkan mereka. Jika kamu menyadari bahwa apa yang sebenarnya mereka katakan itu benar, maka dengan rendah hati berterima kasih kepada mereka, dan minta maaf atas kesalahan itu. Jika mereka hanya salah paham tentangmu, kamu tetap harus berterima kasih kepada mereka karena telah menyuarakan apa yang mereka pikirkan.

Nah, sebenarnya kita perlu untuk menempatkan diri kita pada orang lain. Janganlah menjadi egois dan tetaplah berpikir terbuka.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading