Sukses

Lifestyle

5 Cara Menjadi Perempuan Mandiri yang Bahagia

Fimela.com, Jakarta Hidup di dunia yang serba cepat dengan berbagai tantangan baru bermunculan tidak selalu mudah. Kita sebagai perempuan pun perlu membekali diri dengan membangun mental yang lebih kuat. Bisa dimulai dengan meningkatkan kemandirian.

Menjadi pribadi yang mandiri bisa membuat kita bahagia. Saat kita bisa hidup mandiri, kita tak lagi terus menerus jadi beban orang lain, dan hal ini akan membuat kita merasa lebih nyaman. Tidak setiap saat kita bisa bergantung pada orang lain, jadi mandiri itu penting. Ada lima cara sederhana yang bisa dicoba bagi yang ingin menjadi perempuan mandiri sekaligus bahagia.

1. Miliki Rutinitas Sendiri

Mulailah dengan mengatur jadwalmu. Buat dan miliki rutinitasmu sendiri. Kemandirian bisa diawali dengan kemampuan mengatur waktu dengan lebih tertata sesuai dengan kemampuan dan prioritas. Bisa dengan memiliki agenda atau jurnal khusus untuk mencatat semua jadwal kesibukan dan aktivitasmu setiap hari agar tidak kewalahan dalam menjalani keseharian.

 

2. Membiasakan Belanja Sesuai Kebutuhan

Menumpuk utang demi menuruti gengsi hanya akan menimbulkan masalah baru. Kita perlu lebih jeli dalam mengatur keuangan. Bisa dimulai dengan membiasakan belanja sesuai kebutuhan. Apalagi kalau punya penghasilan sendiri, tingkatkan kemandirianmu dengan mengatur dan membelanjakan keuangan dengan cara yang lebih bertanggung jawab. 

3. Ciptakan Kebahagiaan Sendiri

Untuk bisa bahagia, kita perlu secara sadar memilih untuk bahagia. Lakukan hal-hal yang bisa membuat kita bahagia. Kebahagiaan kita adalah tanggung jawab kita. Jadi, daripada bersedih atau galau berkepanjangan, mending lakukan hal yang bisa membuat kita bahagia.

 

4. Mencoba Hidup Sendiri

Mungkin bisa dengan ngekost, menyewa rumah, atau menempati rumah sendiri. Intinya cobalah untuk hidup sendiri. Hidup sendiri bisa membuat kita lebih mandiri, sebab kita jadi memiliki tanggung jawab penuh untuk melakukan sebagian besar aspek kehidupan kita. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, kita akan terlatih untuk lebih mengenali diri sendiri dengan lebih utuh.

5. Tidak Membanding-bandingkan Diri dengan Orang Lain

Kalau mau bahagia, ada baiknya tidak terlalu sering membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Fokus saja membangun kemandirian dirimu. Fokus pada pencapaian dan target-target hidup yang ingin dikejar. Bagaimana pun, tiap orang punya perjuangan sendiri dalam kehidupannya, termasuk dirimu. 

Sudah siap untuk menjadi perempuan mandiri yang bahagia? Semoga tips dan kiat di atas bermanfaat, ya. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading