Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Perubahan Sosial di Masyarakat dan Pengertiannya

Fimela.com, Jakarta Penyebab perubahan sosial akan sangat berdampak bagi kehidupan di masyarakat. Walaupun perubahan sosial tidak dapat dirasakan secara instan, tetapi perubahan akan semakin terasa seiring berjalannya waktu. Sehingga mau atau tidak mau, masyarakat akan mengikuti pola perubahan sosial yang terjadi di lingkungan.

Faktor penyebab perubahan sosial akan mempengaruhi cara berinteraksi dan gaya hidup seseorang, saat berada di lingkungan sosial tempat ia tinggal. Salah satu penyebab perubahan sosial yang terjadi di Indonesia, yaitu karena ada perubahan zaman menjadi era digital yang modern. Apalagi dengan adanya pandemi ini, banyak aktivitas di masyarakat yang dilakukan secara daring atau online.

Adanya perubahan sosial di masyarakat, dapat mempengaruhi faktor ekonomi maupun politik. Sehingga kesenjangan sosial akan semakin terlihat. Untuk memahami lebih lanjut tentang perubahan sosial, berikut penjelasan tentang penyebab perubahan sosial dan pengertiannya:

Pengertian Perubahan Sosial

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Selo Soemarjan

Selo Soemarjan dikenal sebagai bapak sosiologi di Indonesia, karena meraih gelar doktornya di Cornell University di Amerika, mengajar sosiologi di Universitas Indonesia (UI), dan pendiri Fakultas Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan (sekarang FISIP) UI. Selo Soemarjan berpendapat bahwa perubahan sosial adalah segala perubahan- perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap-sikap dan pola-pola prilaku di antara kelompok-kelompok masyarakat.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Kingsley Davis

Kingsley Davis yang dikenal sebagai Sosiologi Amerika dan membuat teori-teori sosial, berupa teori perubahan sosial, turut berpendapat tentang pengertian perubahan sosial. Menurut Kingsley Davis, perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Hal ini disebabkan karena timbulnya organisasi buruh di masyarakat kapitalis, sehingga terdapat perubahan dalam hubungan antara buruh dan majikan, yang berpengaruh dalam organisasi ekonomi dan politik.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Robert M MacIver

Robert Morrison MacIver yang merupakan seorang sosiolog kelahiran Skotlandia, ilmuwan politik, dan pendidik yang menyatakan keyakinan akan kompatibilitas individualisme dan sosial organisasi, berpendapat tentang perubahan sosial. Menurutnya, perubahan sosial adalah sebagai perubahan-perubahan dalam hubungan sosial (social relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial.

Penyebab Perubahan Sosial

1. Perubahan Jumlah Penduduk

Penyebab perubahan sosial yang pertama adalah karena adanya perubahan jumlah penduduk, yang disebabkan karena berkurang atau bertambah penduduk di suatu daerah. Dengan adanya perubahan jumlah penduduk ini, maka struktur dalam masyarakat dan kehidupan akan berubah. Hal ini akan berdampak pada faktor perilaku sosial, budaya, ekonomi, politik dan keamanan.

2. Penemuan Baru

Semakin berkembangnya zaman,akan ada banyak penemuan baru yang dapat menyebabkan perubahan sosial di masyarakat. Penemuan baru yang berupa alat, gagasan atau ciptaan canggih ini disebut discovery. Penemuan baru apabila telah diterima dan diakui masyarakat disebut invention. Namun perubahan sosial yang disebabkan karena adanya penemuan baru ini, akan membutuhkan proses dengan waktu yang lama. Karena masyarakat harus belajar untuk memahami penemuan baru tersebut.

3. Konflik di Masyarakat

Konflik dapat terjadi dimana saja. Bahkan dalam lingkup masyarakat kecil, konflik atau pertentangan ini dapat terjadi dan mengakibatkan perubahan sosial. Konflik di masyarakat ini sering terjadi karena adanya perbedaan pendapat, yang terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok.

Penyebab Perubahan Sosial

4. Bencana Alam

Tak hanya disebabkan karena perilaku manusia, bencana alam juga bisa jadi penyebab perubahan sosial di masyarakat. Karena adanya bencana alam yang menimpa daerah tertentu, menyebabkan masyarakat melakukan pola hidup yang berbeda dari sebelumnya. Bahkan perubahan sosial akan mempengaruhi perubahan struktur masyarakat di suatu daerah yang terkena bencana alam.

5. Pengaruh Kebudayaan Lain

Dengan adanya pengaruh kebudayaan lain, akan ada perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. Setiap orang pasti memiliki kebiasaan atau kebudayaan yang berbeda-beda. Hal ini dapat mempengaruhi individu maupun kelompok. Jika sering melakukan interaksi, lama kelamaan pola hidup orang lain atau kebudayaan lain akan mempengaruhi kehidupan masyarakat yang sebelumnya.

6. Perang

Hampir sama dengan konflik di masyarakat, perang juga bisa menjadi faktor penyebab perubahan sosial. Saat perang, biasanya pihak yang menang akan memaksakan pihak yang kalah untuk mengikuti budayanya. Karena perang diikuti seluruh komponen masyarakat, maka perubahan sosial akan dirasakan oleh kelompok tersebut.

7. Sistem Pendidikan yang Maju

Penyebab perubahan sosial yang terakhir adalah karena sistem pendidikan yang maju. Dengan adanya sistem pendidikan yang maju, anak-anak akan lebih maju dalam berpikir. Karena pendidikan dapat mempengaruhi pola pikir yang lebih obyektif.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading