Sukses

Lifestyle

Menko Airlangga Sebut Vaksin COVID-19 yang Rendah Jadi Biang Kerok Munculnya Varian Omicron di Afrika Selatan

Fimela.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian atau Menko Airlangga Hartanto menyebut perihal yang menyebabkan munculnya varian Omicron COVID-19 di Afrika Selatan. Penyebab ini yang menjadi biang kerok dari penyebaran Omicron yang begitu masif hingga ke tanah air.

Munculnya Omicron di Afrika Selatan ini disebabkan oleh vaksinasi COVID-19 yang belum merata di sejumlah wilayah di dunia. Akibatnya, pemulihan ekonomi harus terus menemui tantangan dari dampak COVID-19 gelombang ke sekian kalinya.

"Omicron ini karena vaksinasi yang rendah di Afrika Selatan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat membuka acara Kick off Meeting Y20 Indonesia 20202, G20 Presidensi Indonesia, Jakarta, Sabtu (19/2/2022).

Sebagai pemimpin G20, Indonesia menyerukan pemberian akses vaksinasi COVID-19 yang merata di seluruh negara. Ini menjadi program prioritas yang penting untuk terus didorong.

 

Serukan vaksinasi merata

Tak hanya itu juga mendorong akses terhadap vaksin sehingga dapat mengejar target vaksinasi secara global. Salah satunya dengan melakukan advokasi dan berbagai instrumen lainnya yang bisa menghasilkan dampak berkelanjutan.

Di forum ini, Airlangga juga meminta generasi muda yang turut serta untuk mensukseskan kampanye ini. Tujuannya agar proses pemulihan ekonomi kembali berjalan dan merata di setiap negara.

 

Menantikan inovasi generasi muda

Airlangga juga menantikan ide segar dan inovatif dari generasi muda dalam rangka penyusunan kebijakan yang inklusif dan berkelanjutan.

"Y20 ini mendukung G20 Presidensi untuk melibatkan pemuda dalam rangka menuju pemulihan ekonomi dan pengambilan kebijakan yang inklusif dan berkelanjutan," kata dia mengakhiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading