Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Pentingnya Packaging bagi UMKM Jadi Peluang Bisnis bagi Percetakan Legendaris

Fimela.com, Jakarta Persaingan industri yang semakin ketat saat ini menjadi tantangan besar bagi pemilik UMKM di Indonesia. Mau tidak mau, para pemilik usaha harus memikirkan cara agar produknya tampak lebih menarik dan berbeda dari kompetitor.

Melihat bahwa kesan pertama adalah hal yang penting membuat kemasan pada produk UMKM menjadi esensi utama dalam suatu produk. Fungsi kemasan atau packaging ini sendiri tidak hanya menjaga produk tetap aman, melainkan juga menjadi daya tarik bagi pelanggan.

Kemasan yang cantik dan unik bahkan bisa menjadi identitas dari merek itu sendiri dan diingat oleh banyak pelanggan. Dengan demikian, poduk merupakann faktor yang tidak boleh disepelekan oleh UMKM.

Hal ini dilihat oleh Boxareus sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Didirikan oleh Mirages Printing yang fokus di bidang percetakan sejak 1984, Boxareus menjadi perusahaan manufaktur kemasan yang fokus memproduksi kemasan box siap pakai.

Boxareus sendiri menyediakan beragam jenis kemasan box. Mulai dari kemasan makanan hingga fashion, dengan pilihan desain polos, tematik, atau full custom sesuai permintaan.

 

Dua jenis box

“Sejak berdiri pada tahun 2015 hingga saat ini, Boxareus memiliki ratusan model dan ukuran kemasan serta telah melayani puluhan ribu pelanggan lokal, mulai dari pemilik UMKM hingga brand lokal ternama. Kami juga membantu para customer yang baru memulai usaha dan membutuhkan branding packaging dalam skala besar maupun kecil. Bersama kami, para pengusaha kecil juga bisa mendapat akses untuk kemasan yang baik dan siap bersaing di pasar," kata Velix sebagai pemilik Boxareus.

Saat ini, Boxareus telah memiliki lini bisnis, yakni Boxarues Ready Box dan Custom. Boxareus Ready Box menyediakan ratusan model dan ukuran kemasan siap pakai berbahan dasar aneka karton soft box dan gelombang. Kemasan box ini bisa dibeli langsung melalui online marketplace dengan jumlah kecil sehingga cocok untuk UMKM.

“Kami menyediakan box ready stock inovatif yang dibutuhkan pasar modern saat ini. Proses manufaktur kami menggunakan pilihan bahan lokal berkualitas, dan prosesnya dirancang seefisien mungkin serta meminimalisir dan mendaur ulang limbah. Setiap produk perlu dikemas dengan kemasan yang meningkatkan daya jual. Karena bagi kami kemasan yang baik bukan sekedar mengemas, tetapi membantu perkembangan brand,” tutur Anna sebagai Product Designer Boxareus.

 

Packaging seasonal

Setiap menjelang perayaan besar, Boxareus juga selalu menghadirkan Box Seasonal-nya yang berupa kemasan box bertema Idul Fitri, Natal, dan Imlek. Ini memudahkan para pemilik UMKM yang ingin berjualan selama high season, karena akan ada banyak konsumen yang ingin membeli hampers dengan kemasan box bertema perayaan-perayaan tersebut.Dengan ratusan pilihan kemasan box, pemilik UMKM tidak perlu mengluarkan biaya besar untuk menyewa seorang desainer atau memiliki pengetahuan mendalam tentang industri percetakan. Ready Box secara umum digunakan untuk produk camilan, hampers, sayur mayur, baju, art & crafts, dan lain-lain.

Sementara itu, Boxareus Custom adalah solusi kemasan box yang dapat dimodifikasi secara khusus sesuai permintaan, dan dibeli dalam jumlah massal. Unit ini terbagi menjadi 2, yaitu Full Custom dan Ready + Logo. Full Custom merupakan solusi untuk branding, kemasan ekslusif, bisnis yang sedang berkembang pesat dan memerlukan pesanan berulang dalam jumlah ratusan hingga ribuan.

Untuk Ready + Logo, kemasan yang digunakan adalah dari pilihan Ready Box, ditambah logo yang dicetak dengan cara Heat Press / Screen-Printing. Dengan pesanan jumlah 100pcs saja, pengusaha dapat memiliki kemasan eksklusif dengan logo mereka pada permukaan box.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading